Disnaker Ajak Trubus Alami dan Gudang Baru Latih Difabel

BACAMALANG.COM – Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Malang terus memberikan perhatian pada para penyandang disabilitas atau difabel untuk mendapatkan kemampuan mumpuni demi sebuah pekerjaan yang layak.

Beberapa waktu belakangan, Disnaker mengajak pabrik rokok Trubus Alami dan Gudang Baru untuk melatih para penyandang disabilitas yang tergabung dalam Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Tunanetra Indonesia atau Pertuni Kabupaten Malang.

Kepala Disnaker Kabupaten Malang, Yoyok Wardoyo mengatakan bahwa pelatihan yang diberikan murni karena kepedulian sosial.

“Ini bersifat sosial kemanusiaan. Ini terlepas dari kedinasan. Bukan CSR, murni kepedulian sosial. Saya hanya memanfaatkan ikatan persaudaraan dengan stakeholder saya selama ini,” kata Yoyok, Senin (12/4/2021).

Yoyok menambahkan, konsep yang digagasnya ini lebih ke arah untuk memfasilitasi para penyandang disabilitas agar mendapatkan sebuah pekerjaan yang layak. Maka dari itu bekal pelatihan dirasa sangat penting.

“Saya memulai konsep ini untuk mencarikan pekerjaan. Seperti di pabrik roko Cakra itu ada 28 orang penyandang disabilitas yang bekerja. Alhamdulillah, mereka kerjanya lebih militan,” ucap Yoyok.

Terakhir, Yoyok berharap, ada lebih banyak darmawan yang peduli terhadap para penyandang disabilitas.

“Tujuan kita sama, sosial kemanusiaan. Kita sedikit berbagi, peduli dengan saudara-saudara kita. Harapannya agar para dermawan terketuk untuk peduli terhadap saudara-saudara kita,” Yoyok mengakhiri. (mid/red)