Dispendukcapil Kabupaten Malang Luncurkan Desaku Tuntas

Bupati Malang, HM Sanusi memukul gong tanda diluncurkannya program Desaku Tuntas Dispendukcapil (ist)

BACAMALANG.COM – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malang meluncurkan program Desaku Tuntas. Bupati Malang, HM Sanusi, meluncurkan langsung program anyar itu.

Desaku Tuntas ini merupakan gabungan pelayanan dokumen administrasi. Diantaranya, KTP, KK, KIA, hingga perubahan status di KTP.

“Program seperti ini sudah kita luncurkan mulai tahun 2017 lalu, tentu saja yang dimulai dari tingkat desa, seperti KETAN IRENG yang merupakan program kami yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan guna mengakomodir keluraga yang baru saja bertambah anggota keluarganya, sebab sang istri baru melahirkan,” kata Plt Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang, Sirath Aziez, Selasa (9/3/2021).

Menurut Sirath, Desaku Tuntas merupakan program kesepuluh hasil inovasi Dispendukcapil. Program-program yang digagas Dispendukcapil pun bersinergi lintas instansi.

“Kerjasama dengan Pengadilan Agama juga sudah kami lakukan, karena mengingat apabila ada putusan perceraian dalam suatu pernikahan, dapat langsung dirubah status yang bersangkutan di KTP-nya, sehingga pendataannya lebih jelas dan akurat,” terangnya.

Lebih jauh, Sirath bilang, program-program Dispendukcapil mengedepankan sistem daring. Beberapa program Dispendukcapil bisa diakses lewat website dan diunduh melalui Google PlayStore.

“Permudah pelayanan adalah fokus kami, agar lebih mudah kami juga sediakan armada agar petugas dapat langsung blusukan melayani masyarakat,” Sirath mengakhiri. (mid/zuk)