Distribusi Air Tak Lancar, Warga MT Haryono Keluhkan Layanan Perumda Tugu Tirta

Air seringkali macet. (ilustrasi)

BACAMALANG.COM – Gegara distribusi air tidak lancar, salah satu warga MT Haryono, Dinoyo, Kota Malang, Ayun mengeluhkan layanan Perumda Tugu Tirta Kota Malang, padahal dirinya setiap bulan rutin membayar tagihan air.

“Aku sambatan tok ngrasakne banyu (saya sambatan terus merasakan air) PDAM ini, jengkel saya. Jenenge banyu ben jam stengah 6 isuk mati (namanya air, setiap jam 6 pagi tidak mengalir), dan murup maneh jam 9 an (nyala lagi jam 9 an),” keluhnya, baru-baru ini.

Dikatakannya hal ini sangat menjengkelkan karena pendistribusian air bersih seringkali mati, disaat para pelanggan sedang membutuhkan air berih, yakni setelah mengalir pukul 09.00 WIB tersebut, namun mati lagi sekitar pukul 15.00 WIB, dan mengalir lagi sekitar pukul 00.00 WIB.

“Kejadian itu setiap hari, saya komplain tidak ada solusi, alasannya karena jam pemakaian tinggi. Tapi sebelumnya tidak pernah seperti ini. Mengalir deras itu jam 12 malam. Masak saya harus bergadang untuk air,” keluhnya.

Ditegaskannya tidak lancarnya pendistribusian air tersebut juga di keluhkan warga MT Haryono, Dinoyo lainnya.

“Saya warga Dinoyo gang 6D, semua warga disini juga berkeluh kesah, bukan aku saja, ketika komplain jawabannya petugas PDAM itu, mau dianggarkan pipa baru, dan masih tahun depan, ya lama, padahal dekat tandon Tlogomas, lah ya aneh kan,” tukasnya.

Ia berharap air Perumda Tugu Tirta Kota Malang mengalir secara terus-menerus. Sebab, setiap bulan harus membayar tagihan. “Kami berharap mendapatkan solusi dari PDAM Kota Malang,” terangnya.

Sementara itu, bidang pengendalian Perumda Tugu Tirta Kota Malang, Rahmad mengakui jika di wilayah MT Hariono tersebut sudah masuk dalam pengaduan, dan ada kendala setelah dilakukan perbaikan jaringan pipa di jalan besar itu.

“Sudah masuk dalam pengaduan, dan menjadi prioritas kami untuk ditindaklanjuti. Memang agak sedikit tersendat, dan saat ini tengah dilakukan pengecekan untuk melakukan perbaikan, kendalanya ada di titik mana, masih dalam pengecekan,” pungkasnya. (*/had)