Ditinggal Berlebaran, Toko Aki di Jalan Sigura-gura Dibobol Pencuri

Pemilik toko aki sedang menunjukkan tempat aki yang hilang di etalase toko. (him)

BACAMALANG.COM – Toko Rizki Aki, salah satu toko yang menjual aki mobil dan motor di Jalan Sigura-Gura No.30 Kota Malang, diketahui dibobol maling.

Pemilik toko aki, Agus Oka (49) menjelaskan kejadian tersebut. “Saya mengetahui, ketika saya mengecek kondisi toko pada Selasa (3/05/2022) sekitar pukul 09.30 WIB. Sebelumnya, toko saya ini tutup dua hari ditinggal mudik lebaran ke daerah Ngawi,” jelasnya baru-baru ini.

Saat tiba di toko, dirinya melihat pintu toko sudah dalam kondisi terbuka. Padahal, semua pintu toko sudah terkunci rapat.

“Pintu toko itu saya kunci dengan rantai dan tiga gembok. Namun saat saya datang, gembok dan rantainya sudah hilang. Saya ketahui per gembok berceceran dan pintu toko terbuka,” urainya.

Karena curiga, Oka pun akhirnya masuk ke dalam tokonya. Ketika dilihat, ternyata beberapa aki motor dan mobil yang dipajang di etalase sudah raib.

“Kira-kira ada 20 aki yang dicuri pelaku. Aki mobil 13 buah dan aki sepeda motor 7 buah. Akibat kejadian tersebut, saya mengalami kerugian sekitar Rp 15 juta,” terangnya.

Setelah kejadian itu, dirinya pun mencari informasi ke tetangga sekitar. Sayangnya, tidak ada satupun yang mengetahui persis kejadian tersebut. Namun saya bisa mengecek dari CCTV milik tetangga.

“Saat saya cek rekaman CCTV milik tetangga yang berada persis di depan toko saya, terlihat ada satu orang pelaku mondar – mandir di depan toko pada Selasa (3/5/2022) sekitar pukul 03.28 WIB dini hari. Namun, saya menduga bahwa pelakunya lebih dari satu orang. Karena aki yang dicuri, khususnya aki mobil memiliki bobot yang lumayan berat,” bebernya.

Pasca kejadian tersebut, Oka pun segera membuat laporan ke Polresta Malang Kota. Tak lama kemudian, anggota polisi datang untuk melakukan olah TKP.

“Setelah melakukan olah TKP, polisi minta bukti-bukti rekap penjualan aki sebelum kejadian, Karena bukti-bukti tersebut masih saya kumpulkan, akhirnya Laporan Polisi (LP) nya baru hari Sabtu kemarin (14/05/2022),” tambahnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Malang Kota AKP Bayu Febrianto Prayoga menuturkan, bahwa pihaknya sudah menerima laporan tersebut. Dan saat ini, kasusnya sedang dalam penyelidikan petugas Satreskrim Polresta Malang Kota.

“Saat ini kasus pencurian aki, sedang dalam proses penyelidikan. Sementara Kami masih mengumpulkan berbagai barang bukti, beserta berbagai keterangan yang terkait dengan kasus tersebut,” tandasnya.(him)