Dokter Syifa Mustika Luncurkan Buku Pendidikan Publik, Ulas Vaksin dan Vaksinasi di Indonesia

Dokter Syifa Mustika saat launching buku "Kupas Tuntas Vaksin Covid-19" di Maxone Hotel Malang, Minggu (10/10/2021). (ned)

BACAMALANG.COM – Pandemi yang berkepanjangan membuat masyarakat mengalami ‘pandemic fatigue’, atau kelelahan secara perlahan yang membuat kemunduran motivasi pencegahan covid-19. Belum lagi banjir informasi membuat masyarakat cenderung tidak dapat memilih dan memilah informasi dengan benar. Salah satunya berdampak pada program vaksinasi sebagai upaya menyudahi pandemi covid-19. Beberapa hal inilah yang membuat dr Syifa Mustika Sp.PD-KGEH FINASIM mengeluarkan sebuah buku berjudul “Kupas Tuntas Vaksin Covid-19”.

“Buku ini sebagai bagian dari upaya pendidikan publik yang mengulas vaksin dan vaksinasi di Indonesia,” ungkap dr Syifa Mustika di sela acara launching yang digelar di Maxone Hotel Malang, Minggu (10/10/2021).

Sebelumnya, dokter spesialis penyakit dalam ini menerbitkan buku “The New Normal Life” yang diluncurkan setahun lalu. Ketua Satgas Peduli Covid-19 NU Malang Raya ini mengaku, problematika vaksinasi justru masih banyak terjadi di kalangan pondok pesantren yang jumlahnya sangat banyak, bukan hanya di Malang Raya namun di Indonesia.

“Memang vaksinasi ini memang bukan obat, tapi setidaknya dapat membentuk ‘herd immunity’ atau kekebalan kelompok, sehingga saya tulis dalam buku ini semua hal tentang vaksinasi, mulai manfaat vaksin hingga kajian dan fatwa dari MUI juga,” paparnya.

Sesuai judulnya, imbuh dia, buku ini mengupas tuntas vaksin dengan data ilmiah dari sumber yang kredibel. Ada juga tulisan terkait hoax serta mitos dan fakta vaksin yang beredar di masyarakat selama ini.

Dokter Syifa menegaskan, buku ini diharapkan bukan hanya menjadi panduan bagi keluarga besar Nahdliyin, tetapi juga sebagai upaya meyakinkan semua lapisan masyarakat agar mau divaksin dan mempercepat penanganan covid-19.

Oleh karena itu ia berharap partisipasi dari berbagai pihak untuk mendukung penyebarluasan informasi maupun distribusi dari buku seharag Rp. 76.000,- yang sudah dapat dipesan secara online ini.
“Keuntungan dari penjualan buku akan didonasikan pada Satgas NU Peduli Covid-19,” jelas dokter yang sedang menempuh program doktor di Universitas Brawijaya ini.

Perempuan yang juga terlibat dalam pembuatan album donasi “Malang Kuat” dengan hits single “Malang Kuat” dan “Sementara” ini berharap selanjutnya buku ini akan dapat beredar dalam bentuk lain seperti pdf agar penyebaran informasinya lebih luas.
Buku “Kupas Tuntas Vaksin Covid-19” ini diluncurkan pada tanggal 10/10/2021 pukul 10.00 dengan seremoni berkonsep daring dan luring. Melibatkan 76 peserta dari 76 kota yang berbeda serta dihadiri delegasi dari mancanegara.

Acara launching juga didukung Satgas NU Peduli Covid-19, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Konsil Kedokteran Indonesia, Persatuan Dokter Nahdlatul Ulama, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Rumah Sedekah NU, serta Oneng Sugiarta Entertainment (OSE). (ned)