Donasi Buka Puasa untuk Santri Lockdown Saat Pandemi di Kota Malang

Caption : Donasi untuk santri buka puasa. (ist)

BACAMALANG.COM – Saat ini karena masih pandemi, ada beberapa kondisi penyesuaian untuk antisipasi persebaran Covid.

“Adanya kondisi pandemi membuat kegiatan berjamaah harus dibatasi, seperti pengajian, tarawih maksimal 50% kapasitas, termasuk pula buka bersama di masjid. Di sisi lain, ternyata masih ada pesantren-pesantren yang memilih para santrinya lockdown di Pesantren, mereka tidak pulang, mereka tetap belajar, mengaji Al-Quran untuk mendalami Islam,” tutur Fahmi, Juru Bicara Aksi Donasi, Senin (19/4/2021).

Terkait hal itu, Gerakan Dompet Peduli Anak Negeri (DEPAN) bekerjasama dengan Dapur Santri membuka donasi buka puasa untuk santri. “Ini merupakan sinergi antara Gerakan Dompet Peduli Anak Negeri (DEPAN) bekerjasama dengan Dapur Kami membuka donasi buka puasa untuk santri di Kota Malang,” urainya.

“Bayangkan apabila Ramadhan ini, Ramadhan terakhir kita. Sudah siapkah kita dimintai pertanggungjawaban kelak? Untuk itulah Ramadhan harus dipersiapkan dengan melakukan amalan-amalan terbaik kita semaksimal mungkin. Seperti memperbanyak sedekah dan membahagiakan sesama,” tukas Fahmi yang juga Fasilitator Kampoeng Digipreneur Pesantren Manajer Tholabie Kedungkandang, Kota Malang ini.

Fahmi mencuplik hadits Rasulullah SAW. “Sebagaimana hadits Rasulullah SAW. Yang artinya Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi),” papar pria yang juga instruktur ilmu manajemen dan keagamaan di Pesantren Manajer Tholabie Kedungkandang, Kota Malang ini.

“Dengan begitu, bukankah kebahagiaan jika kita bisa berbagi menu berbuka untuk para santri sekaligus bentuk dukungan agar para santri tetap semangat belajar meski lockdown dan tidak boleh pulang,” imbuhnya.

Fahmi menjelaskan donasi akan disalurkan mandiri ke Pondok Pesantren di Kota Malang. “Kami mengajak Bapak Ibu untuk menggapai amalan mulia di bulan penuh berkah ini. GERAKAN BUKA BERSAMA SANTRI ini, akan disalurkan secara mandiri ke Pondok Pesantren di Kota Malang,” paparnya.

Menariknya, pendonasi bisa memilih menu yang akan disalurkan meliputi : Menu Spesial DAPUR SANTRI :
Menu Berkah : Ayam Crispy + Nasi : Rp 10.000/paket, Menu Mulia : Ayam Saos Padang / Lada Hitam + Nasi : Rp 15.000/paket, dan Menu Berdaya : Jamur Crispy +Nasi : Rp. 9.500/paket.

“Bagi Bapak/Ibu yang berkenan untuk berbagi rezeki bergabung dengan kami, bisa menghubungi : 0857-8578-9241 (Ibu Miftah) Atau bisa klik link bit.ly/dapursantri,” pungkas Fahmi. (*/had)