Dr Sri Untari Bagikan Sarung Tangan ke Petugas Toko SBW Malang

Foto : Dr. Sri Untari bagikan sarung tangan ke petugas toko SBW. (hum)

BACAMALANG.COM – Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur, Dr Sri Untari Bisowarno MAP,  membagikan sarung tangan kepada penanggungjawab kelompok, dan para petugas supermarket Koperasi Setia Budi Wanita (SBW). Itu dilakukan untuk mencegah penularan Corona Virus atau Covid-19.

Menurut Sri Untari, salah satu cara penularan Covid 19 adalah dengan berhubungan langsung. Karena itu para petugas diberikan sarung tangan, agar mereka tetap bisa memberikan pelayanan tanpa harus bersentuhan dengan para pembeli.

“Sarung tangan itu, cara sederhana guna menangkal virus corona,  menghindari interaksi secara langsung seperti berjabat tangan. Sarung tangan juga menghindarkan bersentuhan langsung  diri orang lain dan dari benda yang pernah dipegang orang secara langsung. Sehingga bagi para petugas akan merasa lebih aman,” tutur Sri Untari.

Menurut Sri Untari, persoalan sederhana dalam memberikan edukasi kepada masyarakat sangat dibutuhkan, agar terhidar dari penularan Covid 19. Selain bersentuhan langsung, masyarakat diminta untuk tidak memakai atau menukar barang pribadi.

“Barang pribadi jangan sampai dipakai bergantian dengan orang lain,  risiko penularan penyakit sangat tinggi, apalagi  virus ini dapat menginfeksi tubuh manusia membawa dan menularkan kepada orang lain melalui benda atau barang-barangnya,” tukas dia.

Selain itu, penerapan social atau physical distancing adalah salah satu inbauan yang harus dilakun, bahkan dirinya saat belakukan pertemuan dengn konstituennya selalu menerapakan social dan phisical distancing.

“Dengan menjaga jarak  satu sama lain dapat mengurangi risiko penyebaran Covid 19, minimal 1 meter bahkan 2 meter lebih baik,  Langkah ini dapat diterapkan saat berada di tempat umum ataupun saat kondisi terpaksa melakukan sebuah pertemuan atau acara,” imbuhnya.

Pihaknya juga menganjurkan kepada masyarakat untuk  rajin mencuci tangan. Karena tangan adalah salah satu anggota tubuh yang menjadi sumber penyakit.

“Cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir selama 20 detik. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan kain yang bersih atau tisu,” tambahnya.

Apalagi cuci tangan merupakan langkah yang disarankan oleh banyak pihak, termasuk organisasi kesehatan, tangan dapat menjadi sumber penyakit sebab sering terjadi kontak dengan benda maupun orang lain.

Sementara itu, virus corona disinyalir dapat masuk tubuh manusia melalui segitiga wajah yakni mata, hidung, dan mulut.

Maka dari itu, hindari untuk menyentuh wajah menggunakan tangan. Apabila terpaksa harus menyentuh wajah, maka pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun.

Sri Untari, dalam waktu dekat juga akan membagikan Alat Pelindung Diri (APD) kepada dokter dan perawat di sejumlah rumah sakit, saat ini APD sedang disiapkan. (Hum/Yog)