Polres Malang Berhasil Ringkus Pelaku Curanmor 7 TKP

Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat (tengah) menunjukkan barang bukti yang diamankan dari tersangka (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Dua pelaku spesialis pencurian kendaraan bermotor di Kabupaten Malang mendapat hadiah timah panas dari petugas Satreskrim Polres Malang.

Kedua pelaku yang diamankan diantaranya Anom Joko Wasito, 34, Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan dan Sukamto, 54, warga Desa Plandi Kecamatan Wonosari.

“Para pelaku ini sebelumnya sering melakukan kejahatan serupa di 7 TKP berbeda. Saat hendak dilakukan upaya penegakan hukum, pelaku melakukan upaya perlawanan hingga akhirnya petugas mengambil tindakan tegas terukur,” kata Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat dalam press rilis di Mapolres Malang, Sabtu (26/2/2022).

Kedua pelaku yang diamankan di Polres Malang (Dhimas)

Selain kedua pelaku, petugas juga mengamankan tiga orang penadah. Antara lain, Hengki Fernando, 26, warga Desa Bringin Kecamatan Wajak; Marno Wiyanto, 40, warga Desa Dadapan Kecamatan Wajak, serta Lutfi Anwar, 58, warga Desa Wajak Kecamatan Wajak.

Ada enam unit sepeda motor yang diamankan petugas dari pengungkapan kasus tersebut.

“Kita memahami bahwa kasus pencurian dengan pemberatan ini menjadi salah satu kasus yang marak terjadi di Kabupaten Malang. Ini menjadi salah satu atensi untuk bisa kita cegah dan kita ungkap,” ungkap pria yang sebelumnya menjabat Kasubag Bungkol Spriprim Polri.

Kapolres menambahkan, kasus ini berhasil diungkap berawal dari patroli siber yang dilakukan petugas. Setiap kali beraksi, pelaku hanya bermodal kunci T.

“Saya mengimbau pada masyarakat dengan maraknya kasus pencucian khususnya kendaraan bermotor agar lebih waspada. Kunci stang kendaraan bermotor belum cukup untuk memberi keamanan kendaraan bermotor karena pelaku dengan mudahnya bisa mencongkel dengan menggunakan kunci T,” tutur Ferli.

Kasatreskrim Polres Malang AKP Donny Kristian Bara’langi secara simbolis menyerahkan kunci kendaraan kepada korban untuk pinjam pakai (Dhimas)

Terpisah, Kasatreskrim Polres Malang AKP Donny Kristian Bara’langi menyampaikan untuk sementara kendaraan yang berhasil diamankan dari pelaku akan diserahkan kepada para korban dengan status pinjam pakai.

“Kami memberikan kesempatan pada korban untuk menggunakan kendaraannya dengan status pinjam pakai yang masih dalam proses penyidikan di pihak kepolisian,” Donny mengakhiri. (mid/red)