Edarkan Sabu, Montir Karlos Diringkus Satreskoba Polres Malang

Kasatreskoba Polres Malang, AKP Anton Widodo menunjukkan barang bukti yang diamankan dari tersangka (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Panca Angga Satria (25) warga Desa Tegalgondo, Kecamatan Karangploso diringkus Satuan Reserse Narkoba Polres Malang. Pria yang sehari-hari bekerja sebagai montir sepeda motor ditangkap karena mengedarkan sabu.

Polisi mengamankan barang bukti 34 poket sabu saat menangkap Panca. Beratnya 10,4 gram.

Kasatreskoba Polres Malang, AKP Anton Widodo mengatakan, tersangka mendapatkan barang haram tersebut dari seorang berinisial T warga Kota Batu.

“Kita lakukan pemantauan dua bulan, dia sudah malang melintang mengedarkan barang itu di daerah Karangploso. Baru kemarin kita lakukan upaya penangkapan. Menurut keterangan tersangka barang ini didapatkan dari T di Kota Batu,” ujar Anton, Rabu (3/2/2021).

Anton menambahkan, Panca diduga masuk jaringan peredaran narkotika Kota Batu. Selain jadi pengedar, Panca juga mengkonsumsi sendiri barang setan tersebut.

“Satu poketnya dijual Rp 300 ribu. Wilayah pemasarannya di Karangploso. Dia jualnya per poket langsung ke pengguna. Dia ambil dari atasnya dengan cara ranjau. Untuk diatasnya kita masih melakukan penyelidikan,” terangnya.

Sementara tersangka Panca mengaku, sabu tersebut diedarkan kepada para sopir di wilayah Karangploso. Dia nekat mengedarkan sabu karena alasan himpitan ekonomi.

“Saya untung Rp 1 juta sampai Rp 1,5 juta. Paling lama habisnya dua sampai tiga minggu. Sudah satu tahun ini saya jadi pengedar,” ucap Panca.

Akibat perbuatannya, Panca kini harus mendekam di rumah tahanan Mapolres Malang. Panca bakal dijerat pasal 114 ayat 1 dan 2 subsider pasal 112 ayat 1 dan 2 undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Adapun ancaman hukumannya 5 tahun penjara. (mid/yog)