FLS2N Se-Kecamatan Wagir, Juara Umum Direbut SDN Petungsewu 2

Foto: Siswi SDN Petungsewu 2 Wagir. (ist)

BACAMALANG.COM – Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Kecamatan Wagir Kabupaten Malang beralngsung di tengah pandemi Covid-19 dalam mencari talenta berbakat. Dalam hal ini, SDN Petungsewu Wagir meraih juara umum.

Gigih Risaksono, Koordinator Wilayah Dinas Pendidikan Kecamatan Wagir mengatakan, bahwa tujuan FLS2N tingkat kecamatan ini untuk menyeleksi awal dalam mencari bibit yang kompeten di bidangnya masing-masing.

“Harapanya bisa memotivasi anak-anak kita, serta potensi kreatifitas bisa kembangkan,” ujarnya.

Ida Yuniarsih Spd, Ketua Panitia FLS2N tingkat Kecamatan Wagir menjelaskan, peserta lomba sebanyak 64 peserta terdiri 33 SD Negeri dan satu lembaga swasta yakni SD Islam Sunan Ampel.

“Dalam kegiatan ini, setiap lembaga mengirimkan dua perwakilan lomba. Ada beberapa lomba menyanyi tunggal, pantomim, seni tari, kriya anyam dan gambar bercerita,” terangnya.

Penyelenggaraan FLS2N ini juga bertujuan untuk memberikan wadah berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif bagi peserta didik dengan mengedepankan sikap sportivitas dalam pengembangan diri secara optimal, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan.

“Jadi kami mengedepankan ekspresi seni sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter peserta didik dalam Membina, meningkatkan kreativitas dan memotivasi peserta didik untuk mengekspresikan diri melalui kegiatan sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya,” paparnya.

Selain itu, juga menanamkan dan membina apresiasi seni dan sastra budaya bangsa dalam menumbuhkembangkan sikap sportivitas dan kompetitif peseta didik sejak dini, yang merupakan bagian dari pendidikan karakter, serta meningkatkan kemampuan bersosialisasi peserta didik.

Kriteria dalam lomba, lanjut dia, ada tiga aspek yang dinilai oleh dewan juri mulai aspek wiraga atau aspek teknik menari, wirasa atau yang disebut penghayatan tema yang disampaikan dan Wirasa atau penghayatan gwrak dan musik.

Sedangkan Kepala SDN 2 Sidorahayu, Kiyanto menambahkan, sebagai tuan rumah FLS2N merasa bangga dan konteksnya hanya menyiapkan sarana dan ruang untuk lomba.

“Ada enam ruang untuk lomba FLS2N, satu ruang tunggu bagi siswa, dan satu ruang bagi guru pendamping untuk menghindari kerumunan demi menghindari penyebaran virus Covid-19,” jelasnya. (yon)

Beberapa lembaga yang menjuarai dalam FLS2N antara lain :

Pantomim
Juara 1 SD negeri 2 petungsewu
Juara 2 SD Negeri 2 parangargo
Juara 3 SD Negeri 1 Sidorahayu

Kriya anyam
Juara 1 SD negeri 2 parangargo
Juara 2 SD negeri 2 petungsewu
Juara 3 SD negeri 2 Sitirejo

Seni Tari
Juara 1 SD negeri 2 Petungsewu
Juara 2 SD Negeri 3 Jedong
Juara 3 SD Negeri 2 gondowangi

Gambar bercerita
Juara 1 SD negeri 2 Petungsewu
Juara 2 SD negeri 2 Parangargo
Juara 3 SD negeri 2 Sitirejo

Menyangi tunggal
Juara 1 SD negeri 1 Sitirejo
Juara 2 SD negeri 2 Petungsewu
Juara 3 SD negeri 1 Petungsewu.