Fokus Kawal HAKI dan Pramuka Produktif, Kwarda Jatim Gelar Rakerda

Foto: Rakerda Kwarda gerakan Pramuka Jatim. (ist)

BACAMALANG.COM – Fokus dalam mengawal HAKI dan mengusung tema
Pramuka Jawa Timur Produktif Berbakti Tanpa Henti, Kwarda gerakan Pramuka Jatim menggelar Rakerda di Malang.

“Salah satu fokus pembahasan Rakerda Kwarda Gerakan Pramuka Jatim ini adalah rumusan serta pengawalan terhadap Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Banyak karya anggota Pramuka yang belum diurus. Ini salah satu fokusnya akan dikawal,” tandas Ketua Harian Kwarda Gerakan Pramuka Jatim, Suyatno.

Seperti diketahui, Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur menghelat Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Kota Malang, Sabtu (10/4/20201).

Rakerda tahun 2021 ini mengusung tema “Pramuka Jawa Timur Produktif, Berbakti Tanpa Henti” yang dibuka oleh Ketua Harian Kwarda Gerakan Pramuka Jatim, Suyatno.

Suyatno menjelaskan bahwa Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur HM Arum Sabil berhalangan hadir dan mewakilkan sambutan serta pembukaan ceremonial kepada dirinya.

“Rakerda ini diikuti oleh 38 Kwarcab se-Jawa Timur. Dan kita ini jangkar dari nasional. Maka nanti kita umumkan kegiatan nasional di tahun ini ya ini, tahun depan ya ini,” jelasnya.

Ia mengatakan bahwa setiap daerah mendelegasikan tiga orang. Semuanya diperiksa dan diimbau tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Jika dalam kodisi kurang sehat, peserta disarankan tidak berangkat dan melakukan perawatan mandiri.

Suyatno mengungkapkan bahwa dalam Rakerda ini akan dibagi Rapat Pleno I dan II. Pengurus akan membahas gagasan atau program strategis selama satu tahun ke depan. Rakerda merupakan forum untuk merumuskan program kerja daerah tahun 2021-2021.

Ia membeberkan bahwa anggota Pramuka di Jawa Timur mencapai 2.000.100. Angka ini kata dia tertinggi di seluruh Indonesia. Sebab itu, diperlukan program dan pengawalan intensif kepada para anggota. (*/had)