Forum IKM Kota Batu Resmi Dilantik, Tancap Gas Berdayakan UMKM

Suasana pelantikan pengurus Forum IKM Kota Batu di Hotel De'Lobby Kota Batu. (yog)

BACAMALANG.COM – Forum Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Batu menggelar pelantikan pengurus yang dihadiri oleh Ketua Forum IKM Jawa Timur, Dinas Pariwisata, Diskominfo, Diskoperindag serta organisasi dari APKB, GRASS, BAPTA bertempat di Hotel De’Lobby Jalan Imam Bonjol, No.5, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, pada Senin (13/9/2021).

Dalam kegiatan acara pelantikan pengurus tersebut, Sekretaris Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Batu, Eni Musfirotun Mustofsiroh, S.ST., MM mengucapkan selamat dan sukses, atas dilantiknya para pengurus Forum IKM Kota Batu.

“Semoga ke depan, Forum IKM Kota Batu semakin mewarnai dan bangkit perekonomiannya, seiring bersama berkembangnya pariwisata Kota Batu di era new normal pandemi Covid 19,” kata Eni sapaan akrabnya.

Menurutnya, Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Pariwisata saat ini telah memiliki BTM (Batu Tourism Mall), yang bisa dimanfaatkan salah satunya oleh Forum IKM Kota Batu, untuk mempromosikan produk- produk IKM di galeri yang tengah disiapkan di gedung BTM.

“BTM juga bisa digunakan sebagai tempat untuk bersdiskusi, bertransaksi dengan para pelaku usaha wisata dari berbagai daerah, dan fungsi BTM juga untuk mendapatkan informasi kepariwisataan di Kota Batu,” ungkap dia.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemerintah Kota Batu, Chairil Fajar R, S.Si , M.Si berharap, agar nantinya bisa dilakukan sinergitas yang lebih baik lagi, untuk mendukung produk-produk UKM Kota Batu supaya bisa lebih dikenal secara luas.

“Ya, terutama untuk bisa menunjang dalam pengenalan (promosi) produk-produk UKM yang ada di Kota Batu, yang mana salah satunya melalui platform digital,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Forum IKM Kota Batu, Edo Rabmadhani Murdyan Kusumabroto menyampaikan, bahwa UMKM Kota Batu dengan beragam dan potensi yang ada, bertekad untuk mewujudkan visi dan misi Kota Batu, yang siap berkolaborasi dan bekerjasama, dengan berbagai sektor dan lini.

“Terutama di pariwisata dan unsur lainnya. Kami juga mengajak kepada para pelaku industri besar maupun kecil lainnya, yang masih belum tergabung dalam organisasi untuk berpartisipasi dengan Forum IKM Kota Batu,” papar Edo sapaan akrabnya.

Diuraikan Edo, karena sangat banyak program pendampingan dan scale-up usaha yang bisa dipromosikan dan dipasarkan melalui Forum IKM Kota Batu.

“Contohnya saja soal izin PIRT, BPOM, merek, halal, SNI, ISO, NIB, foto produk dan lain sebagainya. Tentunya didalam pengurusannya gratis, alias tidak berbayar. Karena, Forum IKM telah bekerjasama dengan pihak swasta serta Pemerintah Jawa Timur dan Pemerintah Kota Batu, untuk memfasilitasi para pelaku UMKM yang ada di Kota Batu,” tandasnya. (Yog)