Fotonya Dicatut untuk Modus Penipuan Lewat WA, dr Umar Imbau Masyarakat Waspada

dr Umar Usman MM. (ist)

BACAMALANG.COM – Ada-ada saja modus penipuan saat ini. Memanfaatkan kecanggihan teknologi, menjadi peluang pelaku kriminal melancarkan aksinya dengan melakukan penipuan lewat aplikasi media sosial WhatsApp (WA).

Hal ini setidaknya menimpa Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Malang, dr Umar Usman MM yang mendapat chat penipuan dari pelaku yang menggunakan foto profil dirinya dengan menawarkan oper kredit mobil hasil sitaan.

“Pada intinya pelaku ini menawarkan oper kredit mobil hasil sitaan dengan sejumlah option (pilihan) kredit yang murah dan terjangkau. Nanti jika kita minat bisa transfer ke nomer yang dimaksudkan pelaku,” tegas dr Umar Usman MM kepada BacaMalang.com Sabtu (29/10/2022).

Screenshot cuplikan chatting penipuan. (ist)

Berikut kutipan chat WA penipuan tersebut:
Tujuan acara ini diselenggarakan untuk membantu para instansi dan undangan yang ikut mengkordinir mengawasi di lelang umum nantinya,sebelum dilimpahkan ke balai lelang umum,setiap instansi dan undangan diberikan jatah 3 unit mobil dan untuk pembelian unit ada 2 cara yaitu PELUNASAN & CICILAN.

Opsi pelunasan
Opsi pelunasan diwajibkan melakukan pengajuan berkas terlebih dahulu dan booking fee unit min-20% max-50% dari harga unit.

Opsi cicilan LAGARA DANA RAKCA
Opsi cicilan diwajibkan melakukan pengajuan berkas terlebih dahulu dan booking fee unit min-10% max-50% dari harga unit dan sisanya dapat dicicil tenor 5 tahun cicilannya 0% tanpa bunga tidak ada denda dan tidak ada penarikan unit, yang intinya dalam jangka waktu yang ditentukan harus lunas.

Tid dibawah ini:
Direktor jenderal anggaran
(Dr.Isa Rachhafarwata SH.M.Si
NIP: 196612301991021001

Alhamdulillah ada terima jatah 3 unit
CONTOH OPSI KREDIT
Sekiranya minat jatah bisa dialihkan 1
unit
HONDA BRIO RS AT/MT
Harga : Rp.125.000.000
Dp 30% : Rp.37.500.000
Sisa : Rp.87.500.000
5 thn /60 Bln
Cicilan Rp.1.458.000/bln
Stnk/bpkb/pengantaran unit & request
plat sudah ditanggung pihak kantor
Opsi cicil 0% tanpa bunga.

Selanjutnya dr Umar menjelaskan kronologi singkat. Dikatakannya kejadiannya, Sabtu (29/10/2022) mulai pukul 09.00 WIB.

“Modus pelaku dengan menawarkan membeli kendaraan dengan transfer ke sebuah nomer rekening. Alhamdulillah saya tidak mengalami kerugian material (uang) dalam hal ini. Semoga tidak ada bolo (saudara, teman, red) yang mengalami kerugian jika mengalami penipuan dengan modus seperti ini,” tuturnya.

Ia menjelaskan langkah solusi (imbauan) agar masyarakat tidak menjadi korban aksi kriminal seperti ini. “Masyarakat perlu waspada selalu, kalau perlu melakukan cek and ricek,” imbuhnya.

Ditanya apa tindakan selanjutnya, apa akan mengganti nomer handphone ia mengatakan tidak perlu. “Saya tidak mengganti nomor hape saya. Saya cuma memberi imbauan dengan menulis di story WA saya agar bolo-bolo (teman, kerabat) mengetahui
bahwa nomor tersebut, bukan saya.
Hanya memanfaatkan foto profil saya,” ungkapnya.

Ia menilai cara penipuan ini tergolong usang namun masyarakat tetap harus waspada selalu. “Meskipun tergolong modus lama, namun masyarakat perlu antisipatif. Perlu melakukan cek dan ricek dengan seksama,” pungkasnya.

Untuk diketahui penipuan bermodus seperti ini juga pernah menimpa Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Partai Demokrat, Rachland Nashidik dimana pelaku mencatut foto Rachland, lalu menghubungi banyak kontak lewat WA menawarkan ikut lelang sambil meminta uang muka.

Selanjutnya kejadian ini juga pernah menimpa Direktur Teknologi Informasi dan Operasional Bank Mandiri Rico Ustavia Frans yakni foto profil Facebooknya dijadikan foto profil pelaku di WA untuk penipuan menawarkan mobil murah. (*/had)