Gas Pol Sound of Borobudur 24 Juni 2021, Begini Ajakan Purwacaraka

Caption : Event bergengsi, Sound of Borobudur 24 Juni 2021. (ist)

BACAMALANG.COM – Adanya event bergengsi Sound of Borobudur pada 24 Juni 2021 di tengah pandemi, diharapkan menjadi moment istimewa kebangkitan bangsa Indonesia untuk bersatu mengatasi segala persoalan bangsa untuk menciptakan kehidupan yang damai dan sejahtera.

“Kami berdoa semoga event Sound of Borobudur pada 24 Juni 2021 sukses dan diharapkan menjadi moment pemersatu bangsa. Menciptakan negara yang gemah Ripah loh jinawi tata tenteram kerta raharjo,” tandas Musisi Senior Indonesia, Purwacaraka, Minggu (6/6/2021).

Purwacaraka mengajak seluruh elemen bangsa Indonesia untuk menguatkan persatuan dan kesatuan berbekal warisan nilai-nilai luhur dan adi luhung nenek moyang dan leluhur.

“Kami mengajak semua elemen dan komponen anak bangsa bersatu dalam kebhinekaan untuk menghadapi segala tantangan mewujudkan kehidupan yang harmoni, sentausa dan makmur,” tutur Purwacaraka.

Seperti diketahui, sekelompok musisi yang tergabung dalam Sound of Borobudur berupaya merekonstruksi alat-alat musik dalam panel-panel relief Candi Borobudur untuk menguak lebih dalam kebesaran peradaban musik Nusantara.

Menariknya, ansambel musiknya terhitung lengkap. Dalam relief-relief tersebut ditemukan banyaknya panel relief yang menggambarkan pola ansambel yang lengkap, terdiri dari komponen alat-alat musik kategori cordophone, ideophone, membranophone dan aerophone yang memenuhi segenap persyaratan sebagai musik modern.

Kesimpulannya pada abad ke-8, bangsa Indonesia sudah mengenal komposisi, aransemen, orkestrasi, dan segenap aspek musikal modern, jauh sebelum bangsa Eropa melahirkan musik orkestra di abad ke 15-16.

Dari total 226 alat musik dalam relief candi, beberapa alat musik dawai yang saat ini sudah tidak ada kembali dibuat ulang, yang disesuaikan dengan gambar yang terpahat dalam relief Candi Borobudur. Alat musik berdawai tersebut dibuat oleh seorang luthier profesional demi mendapatkan dawai dengan standarisasi Concert Grade.

Pertunjukan musik orkestra Sound of Borobudur ini pun diharapkan dapat menjadi daya tarik baru bagi wisatawan yang berkunjung ke kawasan Borobudur. Agenda terdekat dari Sound of Borobudur @soundofborobudur adalah Music Over Nations yang akan diadakan bulan Juni mendatang (24 Juni 2021).

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut bisa mengunjungi laman :
https://www.instagram.com/p/CPvQv2rhA62/?utm_source=ig_web_copy_link. (*/had)