Gelaran Kontes Kelinci di Kota Batu, Dewanti Rumpoko Sampaikan Apresiasi

Komunitas kelinci CAKRADHARA, saat sesi foto bersama Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si usai penyerahan kelinci hias jenis Jersey Wooly. (Yog)

BACAMALANG.COM – CAKRADHARA yang merupakan komunitas peternak kelinci dengan pusat kepengurusan di Kota Malang, menyerahkan kelinci hias jenis Jersey Wooly warna Solid Blue dan telah memenangkan juara kontes kelinci hias bertaraf Internasional, secara berturut-turut pada Kamis (13/1/2022), yang langsung diterima oleh Wali Kota Batu, Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si di ruang kerjanya.

Selama ini, komunitas kelinci CAKRADHARA dikenal sebagai wadah berinteraksi bagi para penghobi dan penggerak kelinci hias. Berkaitan dengan rogram kerjanya, selain menggelar event kontes kelinci hias bertaraf Internasional, rencananya juga menyelenggarakan festival dan pameran kuliner olahan berbahan dasar daging kelinci.

Ketua CAKRADHARA, Dirgahayu Eko menyampaikan, hal itu dilakukan untuk mensosialisasikan sekaligus mengedukasi kepada masyarakat luas, jika selama ini daging kelinci banyak bermanfaat bagi kesehatan.

“Alhamdulilah, kami telah menyerahkan kelinci ke Ibu Wali Kota Batu yang langsung diterima oleh beliau. Itu kami lakukan, sebagai bentuk ucapan terimakasih karena pada kontes kelinci hias kemarin, kami juga di dukung penuh oleh beliau,” tutur Dirga sapaan akrabnya.

Breeder kelinci ini menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya juga bakal mengadakan festival dan pameran daging kelinci di Balaikota Among Tani.

“Setelah apa yang tadi kami sampaikan kepada Ibu Wali Kota Batu, beliau sangat mengapresiasi sekali dan beliau juga mengizinkan. Serta nantinya kami bakal didukung penuh oleh Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, terkait dengan kegiatan kami berikutnya. Karena, apa yang kami lakukan juga sebagai ajang mempromosikan Kota Wisata Batu,” ungkap dia.

Pada kesempatan tersebut, Eko Sabdianto, salah seorang breeder kelinci hias spesialis Holland Lop, juga menyampaikan ucapan terimakasihnya karena berkat dukungan dari Wali Kota Batu, acara kontes kelinci hias beberapa waktu lalu itu dapat berjalan lancar dan sukses digelar.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Budhe (Wali Kota Batu-red), karena telah mendukung acara kami kontes kelinci hias di Hotel Asida kemarin. Dan sebagai ucapan terimakasih dari kami, hari ini kita menyerahkan kelinci kepada Budhe,” tukas founder KWB Rabbitry Indonesia ini, yang telah mengekspor kelinci hingga ke luar negeri seperti Malaysia.

Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si saat tengah berbincang dengan komunitas kelinci CAKRADHARA di ruang kerjanya. (Yog)

Dian sapaan akrabnya yang juga jurnalis di Kota Batu ini mengungkapkan, bahwa selama ini konsumsi daging kelinci kurang dikenal bahkan jarang diminati oleh masyarakat pada umumnya.

“Maka dari itu, kami bakal mengadakan event dan pameran hasil olahan daging berbahan dasar kelinci, sekaligus mensosialisasikan serta mengedukasi terkait manfaat yang terkandung dalam daging kelinci di Balaikota Among Tani, karena tadi sudah di izinkan oleh Budhe. Sehingga nantinya, daging kelinci lebih dikenal dan diminati oleh para wisatawan yang berkunjung ke Kota Wisata Batu,,” papar dia.

Sementara itu, Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si mengapresiasi sekaligus mendukung atas terselenggaranya kontes kelinci hias bertaraf Internasional, pada Sabtu (8/1/2022) lalu itu.

“Saya sangat mendukung sekali kegiatan para peternak kelinci pada saat kontes kemarin, karena ini juga salah satu memperkenalkan kelinci hias dan mempromosikan daging kelinci yang memang sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan kepada wisatawan yang berkunjung, otomatis dapat membangkitkan perekonomian di Kota Wisata Batu,” ujar Budhe sapaan akrabnya.

Politisi PDI Perjuangan ini juga berharap, agar supaya nantinya ke depan dapat bekerjasama sekaligus berkolaborasi dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Pemerintah Kota Batu.

“Ya, seharusnya memang harus bersinergi dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, agar supaya bisa membantu mengakomodir semua kegiatannya. Nantinya saya sampaikan ke Pak Sugeng,” tandasnya. (Yog)