Geliat Peternak Kambing Desa Sukodono, Eksis di Tengah Pandemi

Caption : Peternak Domba eksis di tengah pandemi. (ist)

BACAMALANG.COM – Berdasar survei dan riset, kemandirian perekonomian di level menengah ke bawah, terbukti mampu bertahan di tengah badai pandemi Covid-19.

Salah satu contoh geliat peternakan kambing yang menarik disimak adalah peternakan kambing milik sekelompok warga di Dusun Sawur dan Kampungteh, Desa Sukodono Kecamatan Dampit Kabupaten Malang.

Peternakan ini dikelola oleh sekelompok warga yakni : Suharto, Sukamto, Endik, Riono, dan Gatot. Ada beberapa jenis kambing yang dipelihara meliputi : Domba Moreno, Batur Moreno, Texsel, Garut, Vanroi, Sofas, Krosing dan Australia.

Terdapat total 135 ekor kambing. Peternakan ini dirintis sejak 12 Januari 2020, merupakan kerja sama dengan PT KTHR Malang.

“Kami mengalami kendala minimnya alat pendukung khususnya edukasi makanan ternak dan perobatan,” terang Penanggung Jawab Peternakan, Suharto, Jumat (3/12/2021).

Sebagai solusi kendala tersebut adalah melakukan kerja sama pembentukan kelompok kecil dan pendampingan PT KTHR.

“Harapan Kami usaha peternakan ini bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat, mendorong masyarakat untuk beternak dan penyediaan suplai daging serta bisa diekspor,” pungkasnya. (had)