Globalisasi Budaya dalam Series Netflix ‘’Street Food’’

ist

“Jika seseorang ingin mencicipi makanan khas dari berbagai daerah maka mereka harus datang untuk mencicipi makanan terbaik yang ada di jalanan, mereka menyajikan makanan yang beragam dan kaya akan rasa. Ini adalah sebuah budaya yang diwariskan turun temurun dalam menciptakan cita rasa khas suatu daerah” potongan kalimat pembuka video menjadi penting dalam menjelasakan apa itu street food. Street food merupakan makanan dan minuman yang dijual di pinggir jalan atau tempat umum dengan mendirikan tenda yang mudah untuk dibereskan. Para pedagang akan mulai buka di jam-jam tertentu umumnya pada sore sampai malam hari.

Dewasa ini, globalisasi mengalami perkembangan yang sangat menakjubkan. Munculnya “new media” menjadi sebuah alat penting untuk bertukar pengalaman. Netflix merupakan salah satu media pengaliran yang mirip dengan televisi berbayar yang tidak berpatokan dengan jadwal penayangan serial televisi. Acara-acara yang ditampilkan di Netflixpun tidak hanya seputar serial fiksi, tapi juga reality show kuliner dari berbagai negara terutama di Asia seperti India, Thailand, Taiwan, Jepang, Korea Selatan, Singapura, Indonesia, Filipina, dan Vietnam. Netflix “street food” merupakan dokumentary dari para pedagang dan pecinta kuliner. Series yang menampilkan pedagang makanan pinggir jalan ini berhasil menarik banyak perhatian dari para penonton di hampir seluruh negara. Banyak dari mereka bahkan rela mengunjungi tempat dimana video tersebut diambil untuk mencicipi makanan tradisional.

Series Netflix ‘’street food’’ menjadi salah satu contoh peran new media dalam mempromosikan budaya dari beberapa negara di Asia. Hal inilah yang menjadikan wisatawan manca negara banyak melakukan kunjungan di berbagai negara di Asia untuk mencicipi sajian makanan tradisional yang terkenal dari negara tersebut. Hal ini tentunya akan berdampak baik untuk devisa negara, jika jumlah pengunjung terus bertambah. Serial Netflix street food telah menggambarkan pengaruh media dalam perkembangan globalisasi khususnya budaya suatu negara.

Globalisasi budaya tidak hanya berdampak negatif bagi eksistensi budaya daerah, namun juga berdampak positif di beberapa aspek salah satunya ekonomi. Globalisasi budaya sendiri dapat dipahami sebagai sebuah pertukaran budaya yang diakibatkan oleh adanya globalisasi. Teknologi yang semakin canggih menjadikan masyarakat dunia dapat mengetahui budaya negara lain dengan mudah. Kemudahan dalam mengakses budaya negara lain menjadikan teknologi informasi memegang peranan yang sangat penting dalam mempengaruhi perilaku masayarakat suatu negara.

Pemanfaatan teknologi di era globalisasi memberikan dampak yang nyata bagi kebudayan suatu negara. Masuknya nilai budaya luar ke dalam suatu daerah yang ditakutkan akan menghilangkan keaslian budaya setempat nyatanya masih dapat terus dipertahankan dan dikembangkan. Keunikan dari sebuah budaya nyatanya mampu mendatangkan banyak wisatawan mancanegara, bukan hanya untuk melihat keindahan alam tapi juga membaur dengan budaya setempat. Teknologi yang dapat menyebarkan informasi dengan cepat sangatlah dibutuhkan untuk turut membantu menjadi alat promosi kebudayaan suatu negara, inovasi dan upaya untuk terus mempertahankan budaya setempat juga menjadi penting dalam proses mempromosikan budaya.

Series Street Food Netflix memberikan kesempatan kepada para penjual kuliner pinggir jalan untuk mempromosikan kuliner negara mereka. Globalisasi sangatlah berpengaruh pada pertukaran informasi, hubungan suatu negara dengan negara lain, dan budaya. Hal ini dapat dijadikan sebagai langkah awal untuk terus melestarikan budaya masing-masing negara baik dalam bidang kuliner maupun lainnya, karena keberadaan new media seperti Netflix dapat dijadikan sebagai alat promosi untuk menyebarkan budaya dari suatu negara. Kita sebagai masayarakat memiliki peran penting dalam memanfaatkan globalisasi dengan sebaik mungkin, agar keaslian budaya tetap terjaga dengan baik.

Penulis : Gilang Febyeta Agildaniar, Mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Malang