GP Ansor Jatim Gagas Pelatihan Assesor Akreditasi

Suasana pembukaan kegiatan pelatihan assesor akreditasi yang digelar PW GP Ansor Jatim di UNIRA Malang (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Jawa Timur menggagas pelatihan assesor akreditasi diikuti perwakilan seluruh Pimpinan Cabang.

Pelatihan assesor akreditasi ini digelar berdasarkan hasil akreditasi organisasi yang dilakukan PW GP Ansor Jatim beberapa waktu lalu. Rinciannya, 20 persen PC GP Ansor dinyatakan mendapatkan nilai A, 30 persen PC Ansor dengan nilai B, serta sisanya mendapat nilai C dan D.

Berkaca pada hasil akreditasi organisasi itu, PW Ansor menilai perlunya adanya pelatihan assesor agar manajemen organisasi seluruh PC Ansor di Jatim lebih baik dari sebelumnya.

Pelatihan assesor akreditasi dilaksanakan di Universitas Islam Raden Rahmat Malang terhitung selama dua hari, mulai Sabtu (13/3/2021) hingga Minggu (14/3/2021). Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, membuka langsung pelatihan assesor ini.

“Seperti kita ketahui bahwa perkembangan era digitalisasi telah membawa banyak perubahan. Oleh karena itu seperti GP Ansor harus dituntut agar selalu mampu menjawab dinamika di masyarakat yang cepat,” ucap Didik, dalam sambutannya.

Didik pun menyebutkan, gagasan Ansor Jatim yang memberikan pelatihan kepada para assesor akreditasi cukup luar biasa. “Ini menunjukkan kemajuan yang luar biasa. Assesor ini harus ditingkatkan ke assesor profesi. Maka harapan besar GP Ansor memiliki organisasi profesi yang bisa bekerjasama dengan pemerintah. GP Ansor sudah melakukan pembenahan diri menyongsong era digitalisasi,” terangnya.

Sementara Ketua PW GP Ansor Jatim, Syafiq Sauqi mengatakan, pelatihan assesor akreditasi ini merupakan momentum Ansor untuk menata organisasi.

“Setelah pelatihan ini, tidak ada lagi diskresi. Kalau Pimpinan Cabang tidak memenuhi akreditasi, kalau kita beku-kan ya kita beku-kan. Tidak ada toleransi,” tutur pria yang akrab disapa Gus Syafiq. (mid/zuk)