Guru TK Terlilit Utang, Walikota Lunasi ke Pinjol

Foto: Walikota Malang Sutiaji. (ist)

BACAMALANG.COM – Wali Kota Malang, Sutiaji memastikan akan membayar seluruh utang guru TK yang dipecat gara-gara terlilit pinjaman online (Pinjol). Tanggungan utang pokok di 24 tempat pinjol tersebut nantinya akan diurus oleh Baznas.

“Kami melakukan pelunasan dengan syaratnya agar tidak mengulangi atau meminjam uang lagi di pinjol. Nanti akan kami investarisir masalah tanggungannya,” ungkap Walikota Malang, Sutiaji, Rabu (19/5/2021).

Sutiaji juga meminta agar S menatap kehidupan baru, tanpa dikejar-kejar lagi debt collector. “Itu pesan saya. Kalau memang butuh, (sebenarnya) masyarakat bisa datang ke Baznas tanpa bunga, lewat Tugu Artha,” tandas Sutiaji.

Dengan adanya kejadian ini, Sutaji mengimbau kepada masyarakat Kota Malang tidak gampang tergoda dengan pinjol. Sehingga kejadian nyaris bunuh diri karena ditagih debt collector tidak terjadi. “Kasus ini bisa jadi bukan satu-satunya kasus, dan kami imbau masyarakat agar tidak terulang kembali kasus seperti guru TK ini,” tukasnya.

Untuk diketahui, guru TK ini sebelumnya dipecat dari tempatnya mengajar bahkan nyaris bunuh diri. S terjerat Pinjol lantaran butuh uang untuk menyelesaikan studi S1 sebagai syarat yang diwajibkan pihak sekolahnya. (adv/yog)