Hadapi Revolusi Industri 4.0, SMK Kartika IV-1 Malang Siapkan Program Inovatif

Kepala Sekolah, Sunari. (ist)

BACAMALANG.COM – Bersaing menghadapi Revolusi Industri 4.0, SMK Kartika IV-1 Malang menyiapkan program inovatif. “Tentunya jaman sudah berubah, perkembangan teknologi juga berkembang pesat. Apalagi dengan adanya pandemi membuat banyak orang berfikir kreatif dalam mencari pendapatan. Dan seperti kita ketahui juga jika saat ini banyak yang beralih ke online shop, sehingga kita membuat program baru dengan tujuan mendidik siswa kita tidak hanya profesional dalam skillnya tapi menciptakan pengusaha-pengusaha muda,” terang Kepala Sekolah SMK Kartika IV-1 Malang, Sunari, Kamis (20/5).

Seperti diketahui, menjelang tahun ajaran baru, banyak sekolah yang sudah mulai membuka pendaftaran siswa baru, khususnya sekolah swasta. Untuk itu, SMK Kartika IV-1 Malang menyiapkan program baru bagi siswa agar siap menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Menurut Sunari, saat ini siswa SMK harus dibekali pemahaman mengenai digital marketing agar saat lulus nanti, tidak hanya mengandalkan mencari pekerjaan tapi bisa mandiri berwirausaha.

“Ya kan pelajaran berharga banget dengan adanya Corona ini. Karena banyak karyawan yang dipecat, kalau mereka tidak memiliki skill berwirausaha kan kasian juga nanti,” lanjutnya.

Untuk itu, Sunari membuat program Kartika Students Product dimana program ini merupakan wadah bagi siswa SMK Kartika IV-1 Malang untuk belajar mempromosikan hasil karyanya melalui media sosial dan marketplace.

“Jadi kita sudah membuatkan online shop di Tokopedia, Shopee dan sebentar lagi InshaAllah di Gojek maupun Grab masih nunggu persetujuan untuk mempromosikan karya siswa. Kita juga ada akun instagram dimana akun itu khusus untuk share informasi mengenai produk-produk di SMK Kartika. Harapannya tentu supaya orang lebih tahu tentang SMK Kartika dan produk-produknya,” terang Sunari.

Sekilas informasi, SMK Kartika IV-1 Malang merupakan sekolah kejuruan di Malang yang memiliki 3 fokus jurusan yakni Tata Boga, Tata Kecantikan dan Tata Busana. Tidak hanya pengajar yang profesional, fasilitas laboratorium juga menunjang bagi proses belajar mengajar siswa. Banyak lulusan dari SMK Kartika IV-1 Malang yang bekerja di perusahaan-perusahaan terkenal dan banyak diantaranya menjadi pengusaha salon maupun butik.

“Kami terus mendorong siswa untuk kreatif dan berfikir maju. Berharap SMK Kartika ikut menciptakan generasi bangsa yang siap hadapi revolusi industri 4.0 dan siap menjadi generasi independent yang inovatif,” tutup Sunari. (*/had)