Hari Bakti TNI AU, Kasau Ajak Seluruh Anggota Kenang Perjuangan TNI AU

Upacara peringatan Hari Bhakti TNI AU di Skadron Udara 21 Lanud Abd Saleh, Kamis (29/7). (Ist)

BACAMALANG.COM – Mabes AU bersama dengan seluruh pejabat Pangkalan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh, dan Insub melaksanakan upacara peringatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara ke-74 tanggal 29 Juli 2021.

Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E.,M.P.P., pada kesempatan itu mengajak seluruh prajurit dan PNS TNI AU untuk mengenang kembali sejarah panjang perjuangan TNI AU.

Dikisahkan, bahwa pada 74 tahun silam, pesawat Dakota VT CLA yang membawa obat-obatan dan alat kesehatan bagi masyarakat Indonesia ditembak jatuh oleh musuh. Sehingga seluruh awak pesawat para pendahulu TNI AU gugur sebagai kusuma bangsa.

“Sebagai insan dirgantara, perlu terus mengenang peristiwa heroik tersebut untuk menumbuhkan semangat pengabdian guna memberikan perlindungan dan menjamin keselamatan segenap tumpah darah Indonesial”, katanya, Kamis (29/7).

Kasau menambahkan, kini Bangsa Indonesia tengah berupaya menanggulangi pandem Covid-19, sehingga TNI AU juga berusaha mendukungnya.

Berbagai usaha yang telah dilakukan TNI AU seperti pengerahan bantuan ribuan nakes dan personel TNI AU, pelaksanaan vaksinasi regular dan serbuan vaksin untuk ratusan ribu warga.

“Bahkan bantuan pengisian ribuan tabung oksigen untuk puluhan rumah sakit, pendayagunaan Rumah Sakit TNI AU, percepatan distribusi alkes dan obat-obatan ke seluruh penjuru negeri, Karya Bakti di Aceh dan kegiatan sosial lainnya,” papar Kasau, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Dalam upacara itu juga dilaksanakan penyerahan piagam dan kenang-kenangan dari Danlanud Abd Saleh Marsma TNI Zulfahmi kepada empat perwakilan anggota TNI AU di Malang yang memasuki purna tugas pada tahun ini.

Keempat anggota TNI AU itu yakni, Letkol Kes (Purn) dr M. Muchlis, Sp. A., dari Rumkit TNI AU dr M. Munir Lanud Abd Saleh, Mayor Tek Purn Ahmad Suyono dari Markas Depohar 30, Serma Suprianto dari Denmatra 2 Paskhas, serta PNS Khudori dari Dispers Lanud Abd Saleh.

Zulfahmi mengungkapkan, atas nama TNI AU mengucakan terima kasih atas pengabdiannya selama ini kepada TNI AU.

“Walaupun telah purna tugas tetap memiliki kaitan dengan TNI AU antara lain dengan menjaga nama baik TNI AU dan senantiasa memelihara silaturahim”, pasan Danlanud Abd Saleh. (Lis/red)