Hari Pertama Penyekatan, 70 Kendaraan Terpaksa Putar Balik

Caption : Kapolres Malang bersama awak media. (ist)

BACAMALANG.COM – Hari Pertama Penyekatan, 70 kendaraan terpaksa putar balik di Kabupaten Malang, di Exit Tol Lawang, Kamis (6/5/2021).

“Ada juga yang dari Jakarta. Bahkan ada kendaraan bus antar kota dan provinsi nekat melintas membawa sejumlah pemudik, terpaksa kita suruh putar balik,” ungkap Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar.

Kapolres Malang mengatakan dari sekian kendaraan yang harus putar balik itu terdiri dari kendaraan yang berasal dari berbagai daerah dari kalangan keluarga.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Malang, AKP Agung Fitriansyah membenarkan. Selebihnya, dari sekitar 70 kendaraan itu yang harus putar balik itu mayoritas adalah kendaraan pribadi dari beberapa daerah yang sengaja hendak mudik ke Malang Raya. “Bahkan ada juga beberapa yang sengaja ingin liburan ke Malang,” tukasnya.

Selain itu, ada satu kendaraan transportasi umum yang tidak berstiker tanda izin operasi dari Kemenhubdar. Sehingga menurut Agung terpaksa harus putar balik. “Nah, untuk mengecek stiker izin operasional ini, kami melibatkan jajaran Dinas Perhubungan yang memang mengerti detail terkait hal itu,” jelasnya.

Lebih lanjut, Agung menilai, kendaraan yang harus putar balik itu adalah pengendara yang memang belum mengetahui tentang penyekatan dan larangan mudik tersebut. “Sebab, secara umum, arus lalu lintas di seluruh perbatasan Kabupaten Malang menurun. Artinya, sosialiasi kita tentang larangan mudik berhasil,” tutup AKP Agung Fitriansyah. (*/had)