Hari Raya Waisak, 4 Warga Binaan LP Lowokwaru Dapat Remisi

4 WBP yang beragama budha menerima surat remisi dari petugas Lapas. (ist)

BACAMALANG.COM – Tak beda dengan hari besar lainnya, warga binaan Pemasyarakatan kelas 1 Lowokwaru pada Hari Raya Waisak, 4 WBP Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur mendapatkan remisi khusus.

Keempat WBP tersebut terjerat kasus Narkoba. Penyerahan remisi diberikan Kasi Registrasi Hengky Giantoro dan Kabid Pembinaan Sigit Sudarmono, berlangsung di Aula Kunjungan Lapas Kelas I Malang.

“Untuk remisi khusus Hari Raya Waisak, mulai 15 hari sampai dengan 2 bulan. Diberikan langsung Kasi Registrasi dan Kabid Pembinaan. Pemberian remisi bagi warga binaan, karen menjadi pribadi lebih baik. Oleh sebab itu perlu untuk bersyukur kepada Tuhan YME,” jelas Kasi Registrasi, Sigit Sudarmono, Senin  (16/05/2022).

Sementara itu, pesan dari Kalapas Kelas I Malang, untuk warga binaan, agar tetap mengikuti tata tertib, selama menjalani masa pidana di Lapas Kelas I Malang.

Pemberian remisi itu, sudah sesuai dengan usulan dari Kanwil Kemenkumham Jawa Timur.  Pemberian remisi ini, dapat mengurangi beban negara karena over kapasitas di dalam Lapas.

“Kepada warga binaan, diharapkan tidak melakukan pelanggaran selama menjalani pidana di Lapas Kelas I Malang. Tetaplah mengikuti peraturan yang diberlakukan,” terang Danang, Kalapas Kelas I Malang.

Remisi merupakan hak setiap warga binaan, yang layak diterima. Pasalnya, mereka (WBP) telah berupaya memperbaiki diri serta bersyukur atas apa yang telah dilakukan, untuk terus memperbaiki diri di dalam Lapas. (him)