Hasil Uji Labfor Polda Jatim: Tembakau Mendol di Lapas Malang Bukan Gorilla

Foto: Rilis Satreskoba Polresta Malang Kota. (ist)

BACAMALANG.COM – Sempat beredar informasi tentang adanya tembakau Gorilla yang berhasil masuk ke Lapas Kelas I Malang. Masuknya tembakau Gorilla ke Lapas itu diduga sengaja diselundupkan oleh keluarga napi berinisial MW (41) dan SAN (49) melalui makanan berupa Mendol.

Menanggapi hal itu, Polresta Malang kota segera merespon cepat dan mengamankan kedua pelaku beserta barang bukti guna dimintai keterangan.

Barang bukti yang berhasil diamankan langsung dikirim ke Labfor Polda Jatim untuk dilakukan pemeriksaan.

Kasubbag Humas Polresta Malang kota, Iptu Ni Made Seruni Marhaeni menjelaskan, bahwa setelah dilakukan pemeriksaan oleh Labfor Polda Jatim terhadap tambakau Gorilla tersebut, bahwa kandungan kandungan dari tembakau tersebut adalah bukan Narkotika melainkan Nikotin (tembakau rokok biasa).

Marhaeni menambahkan, bahwa kejadian ini bermula saat MW dan SAN mengunjungi anaknya yang berada di Lapas Kelas I Malang pada Rabu 27 Januari 2021. Mereka datang ke Lapas membawa makanan berupa mendol sebanyak 50 biji.

“37 diantaranya berisi plastik klip tembakau yang diduga berisi tembakau Gorilla dengan dikemas dengan isolasi kertas berwarna putih, sementara 13 mendol lainnya berisi plastik klip yang di dalamnya terdapat kertas rokok”, terang Marhaeni.

Dengan adanya temuan itu petugas Lapas segera menghubungi Kepolisian dan melaporkan ke Polresta malang kota. Petugas yang menerima laporan segera mengamankan MW dan SAN guna dimintai keterangan.

Berdasarkan keterangan dari hasil penyelidikan, didapati bahwa tembakau itu merupakan tembakau rokok biasa yang dibeli di Pasar Wajak dan sengaja dikirim ke Lapas untuk merokok anaknya bersama teman-temannnya. (Lis/red)