Hore! Jalur Pendakian Gunung Semeru Kembali Dibuka

Para pendaki memadati kawasan Ranu Kumbolo Gunung Semeru (ist)

BACAMALANG.COM – Ada kabar gembira bagi para pendaki gunung. Pendakian Gunung Semeru bakal dibuka kembali terhitung mulai Rabu (1/4/2021).

Keputusan ini tertuang dalam surat pengumuman Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru nomor PG.08/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/3/2021.

Kabar mengenai pembukaan kembali jalur pendakian gunung tertinggi di Pulau Jawa ini dibenarkan Humas BBTNBTS, Syarif Hidayatullah. Syarif menyatakan, keputusan ini diambil usai rapat koordinasi, Senin (29/3/2021).

“Berdasarkan hasil rapat, jalur pendakian Gunung Semeru resmi dibuka,” ucapnya.

Meskipun sudah dibuka kembali, para calon pendaki harus mengikuti beberapa aturan yang berlaku. Utamanya, terkait protokol kesehatan.

Kemudian, waktu pendakian dibatasi maksimal 2 hari 3 malam. Para pendaki pun tidak diperkenankan naik hingga ke Puncak Mahameru. Pendakian terbatas hingga Kalimati saja.

“Batasan ini, selain akibat masih situasi pandemi Covid-19, juga karena berdasarkan informasi PVMBG Sawur Lumajang, Semeru masih dalam status waspada level 2,” terang Syarif.

Lebih lanjut, jumlah pendaki juga dibatasi 180 orang per hari. Tidak lupa, BBTNBTS menyiagakan personil untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan. (mid/red)