Hotel di Trunojoyo Kota Batu Didatangi Polisi Usai Nyalakan Kembang Api, Ada Apa?

Hotel Horison Trunojoyo Batu didatangi petugas kepolisian, pada Minggu (22/1/2023) malam. (eko)

BACAMALANG.COM – Hotel Horison Trunojoyo Batu didatangi petugas kepolisian, pada Minggu (22/1/2023) malam. Kedatangan polisi ini karena pihak hotel diduga tidak memiliki izin keramaian dan menyalakan kembang api pada gelaran Culinary Night Festival.

Kasat Intel Polres Batu AKP Yuli Widodo menegaskan, pihak Hotel Horison Batu tidak melaporkan, jika menggelar kegiatan yang dimaksud. “Ya, jadi memang tidak ada izin kepada kami. Maksud kedatangan kami, intinya mengimbau kepada para pengusaha untuk segera memberitahukan kepada kami, jika menggelar kegiatan minimal pada hari H min 7 kepada Polres Batu,” tegasnya.

Dirinya juga menambahkan, berkaitan dengan menyalakan kembang api itu, selain tidak ada izin, hal itu (menyalakan kembang api-red) haruslah dilakukan oleh orang yang benar-benar profesional. “Tujuannya agar tidak berpotensi membahayakan bagi orang lain. Jadi, yang menyalakan haruslah memang orang yang ahli, artinya mempunyai keterampilan, sudah mengantongi izin, yang terpenting mengantongi sertifikasi. Kalau itu manual ya berbahaya, apalagi kalau kembang api itu jumlahnya banyak,” imbuhnya.

Berkaitan dengan izin keramaian, pihaknya mengaku sebelumnya sudah dapat pemberitahuam secara lisan. Hanya saja, suratnya belum dikirimkan ke Polres Batu. “Suratnya tidak disampaikan. Setelah Bapak Kapolres tau sendiri, melihat sendiri. Beliau tanya kepada kami itu dimana? Coba di cek. Jadi memang tau sendiri yang pada akhirnya memerintahkan kepada kami. Setelah kami cek, ternyata di Hotel Horison Trunojoyo Batu,” ungkap Yuli Widodo.

Saat tiba di lokasi yang dimaksud, lanjut Yuli Widodo, diketahui jika Hotel Horison Trunojoyo belum mengirimkan surat pemberitahuan soal kegiatan yang dimaksud. “Akhirnya kami cek, ternyata memang surat pemberitahuan memang belum dikirimkan ke kita, jadi tidak ada izinnya. Selain itu, penyulutan kembang api itu tidak ada izinnya juga,” paparnya.

Sementara itu, berkaitan dengan dugaan tidak adanya soal perizinan keramaian dan penyalaan kembang api, pihak Hotel Horison Trunojoyo Batu melalui General Manager Dwi Prayitno mengaku akan memberikan keterangan kepada media. “Masih dengan direksi mas di Junggo, nanti dari Markom kami untuk klarifikasi om,” tandasnya.

Hingga berita ini ditulis, awak media masih menunggu klarifikasi dari pihak Hotel Horison Trunojoyo Batu berkaitan dengan dugaan tidak adanya izin keramaian dan penyalaan kembang api, hingga berujung didatangi anggota Polres Batu. (eko/yog)