Hujan Angin Lagi, Pohon Tumbang Timpa Rumah hingga Pengendara Motor

Caption : Kondisi usai hujan angin kencang. (ist)

BACAMALANG.COM – Adanya hujan lebat disertai petir menyambar dan tiupan angin kencang di Kota Malang, mengakibatkan 6 pohon tumbang menimpa 3 rumah hingga pengendara motor jadi korban, Selasa (16/2/2021).

Pohon tumbang mengakibatkan 3 rumah dan seorang pengendara motor di Jalan Raya Bandulan, Sukun, Kota Malang menjadi sasaran bencana.

Tiga rumah tersebut bagian depannya ambrol. Sebagian atapnya runtuh. Beruntung, tidak ada korban jiwa pada penghuni rumah.

Pemilik rumah toko bengkel yang menjadi korban pohon tumbang, Ayu Ida (32) menjelaskan, kejadian itu sekitar pukul 13.30 WIB.

Pohonnya tinggi sekitar 15 meter. Diperkirakan umurnya 25 tahun. Bukan pohon mati, namun pohon hidup. Kejadian awalnya saat ada petir menggelegar saat hujan turun. Tidak lama setelah disambar petir, kondisi listrik sekitar mendadak mati.

“Sepertinya disambar petir. Logikanya kan kalau kena angin, itunya (menunjuk rumah seberang jalan yang berada persis di samping pohon tumbang) pasti nyingkap dulu. Kan pohonnya di tempat cuci salju (seberang jalan). Sepertinya kena petir soalnya habis ada suara menggelegar itu, pohonnya jatuh,” jelasnya.

Beruntung, saat posisi pohon merobohkan rumahnya, ia langsung lari keluar. Dibantu lagi kata dia karena adanya tiang listrik di depan rumahnya. “Untung tadi ketolong kabel. Kalau enggak ya habis kena semua,” imbuhnya.

TNI-Polri dan DLH serta BPBD turut membersihkan bekas runtuhan pohon. Kendaraan yang tertimpa pohon tumbang tersebut juga diamankan. Sedangkan korban pengendara motor, langsung dilarikan ke RSSA.

6 Pohon Tumbang

Sementara itu, 6 pohon tumbang di beberapa titik di Kota Malang disebabkan angin kencang saat hujan mengguyur Kota Malang hari ini.

Penelaah Bahan Kajian Bencana Alam Seksi Logistik Penanggulangan Bencana Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Malang, Cornellia Selvyana Ayoe mengatakan, enam titik tersebut tersebar di Kota Malang yakni Jala Raya Langsep, Jalan Raya Bandulan, Jalan Senokeling, Jalan Raya Kepuh, Jalan Beringin dan Jalan Ternate Kota Malang.

“Pohon tumbang disebabkan akar lapuk yang dipicu hujan deras disertai angin kencang,” kata Selvy. Pihaknya langsung melakukan proses evakuasi di lokasi kejadian bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan PMI Kota Malang.

“Terdapat dua korban luka akibat kejadian pohon tumbang ini. Satu korban dilarikan ke RSSA dan satu dibawa pulang,” ujarnya. Satu korban luka merupakan pengendara motor di Jalan Raya Bandulan dan Jalan Raya Langsep.

Di Bandulan sendiri, pohon 10 meter lebih tumbang dan menimpa rumah warga dan ruko bengkel. Sedangkan di Jalan Senokeling, pohon tumbang menimpa empat bedak milik warga setempat.

BPBD Kota Malang masih menghitung total kerugian material yang disebabkan pohon tumbang. “Kami imbau warga untuk tetap tenang dan tetap waspada akan adanya pohon tumbang di beberapa tempat di Kota Malang,” pungkasnya. (*)