Hujan Rendam Beberapa Titik, Begini Telaah Kritis Sekretaris DPD PSI Kota Malang

Caption : Yudha Rachman Winarto ST MT. (ist)

BACAMALANG.COM – Atas adanya hujan yang berdampak menggenangi beberapa titik di Kota Malang, Selasa (19/10/2021), sejumlah pihak memberikan kritik, dan sorotan tajam, termasuk fungsionaris Partai Solidaritas Indonesia Kota Malang.

“Daerah aliran sungai harus terencana secara mendetail dan dirancang kapasitas sesuai curah hujan yang terjadi,” tegas Sekretaris DPD PSI Kota Malang, Yudha Rachman Winarto ST MT.

“Perlu sinergi antar lembaga terkait bahkan melibatkan para pakar untuk merencanakan solusi yang baik,” paparnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, hujan lebat kembali mengguyur Kota Malang dan mengakibatkan beberapa kawasan dan ruas jalan mengalami banjir tinggi.
Mulai dari setinggi mata kaki, hingga dada orang dewasa.

Hampir merata (banjir) di sebelah Barat sampai Timur, untuk Selatan yang kurang. Jadi mulai Galunggung, Bareng, Purwantoro, Sawojajar, Kedawung, hampir semua, kecuali daerah Sukun.

Lokasi yang terlihat lumayan parah, terlihat di kawasan sepanjang Jalan Ciliwung, Jalan Letjen Sutoyo dan sekitar Jalan Kedawung. Di titik tersebut, kendaraan hingga terhenti dan tidak bisa berjalan.

“Di daerah tersebut sebagian besar jalan tergenang luapan air dari gorong-gorong akibat hujan,” sambungnya.

“Kondisi gorong-gorong atau saluran drainase menjadi penyebab terjadinya banjir. Dimana, kondisi drainase di kawasan tersebut sempit dan kerap tersumbat sampah sampah,” katanya.

SOLUSI DENGAN SINERGI

Yudha mengatakan diharapkan BPBD Kota Malang bersama Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, intensif melakukan beberapa pencegahan untuk penanggulangan banjir.

Mulai dari pengangkatan sampah dan pengurasan sedimen di sungai serta selokan. Kemudian normalisasi yang berkaitan dengan alur sungai dan drainase. Termasuk untuk pembuatan sumur resapan selayaknya juga dijalankan.

Sementara itu, dengan telah mulainya hujan yang turun di Kota Malang, pihaknya mengimbau agar masyarakat tetap waspada dengan kondisi alam saat ini. Mulai dari persiapan jas hujan saat berkendara dan vitamin serta istirahat yang cukup untuk menjaga kondisi tubuh.

Termasuk menghindari area-area banjir dan area yang berpotensi menyebabkan bencana, serta jangan membuang sampah sembarangan. (had)