HUT PSC 119 Kota Malang ke-4, Ini Pesan Sutiaji

Tasyakuran HUT ke-4 PSC 119 Kota Malang. (Foto: Ist)

BACAMALANG.COM – Public Safety Center (PSC) layanan kegawatdaruratan medis 119 (bebas Pulsa) telah genap berusia empat tahun. Keberadaan PSC ini telah memberikan pelayanan dan respon cepat terhadap kebutuhan masyarakat yang berhubungan dengan kegawat-daruratan bidang kesehatan.

Untuk itu, Wali Kota Malang Drs H Sutiaji berpesan akan pentingya dukungan berbagai pihak untuk menguatkan PSC ini. “PSC ini luar biasa. Dengan PSC ini langsung saja call 119 untuk seluruh masyarakat,” ungkap Sutiaji dalam acara Tasyakuran HUT ke-4 PSC 119 Kota Malang di Hotel Ijen Suites, Selasa (22/6/2021).

Menurutnya, dengan didukung dan terintegrasi dengan banyak stakeholder maka penanganan secara cepat bisa dilakukan apabila ada keluhan. “Memang perlu support dan penguatan, bahwa PSC tidak bisa berdiri sendiri. Harus ditangkap oleh seluruh rumah sakit dan pihak terkait,” tandas pria asal Lamongan ini.

Tak lupa, pihaknya mengingatkan kepada masyarakat luas akan pentingnya mengetahui penanganan kegawat-daruratan medis pra-rumah sakit. “Mudah-mudahan idealisme dan nilai-nilai kemanusiaan PSC mampu memberikan contoh untuk masyarakat. Bahwa penanganan kegawat-daruratan tidak hanya di pundak PSC, tapi juga berada di pundak-pundak kita semua,” urainya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr Husnul Muarif menjelaskan bahwa PSC ini juga memiliki unit pemakaman. “Mulai Januari hingga Mei 2021 ini kita catat ada 620 pemakaman. Sementara jumlah penanganan pemakaman di tahun 2020 sebanyak 565 pemakaman. Kasus Covid-19 yang meninggal langsung dihandle oleh PSC disetiap harinya,” terang Jubir Covid-19 Kota Malang ini. (adv/yog/lis)