JRCS Kunjungi Desa Pujiharjo dan Purwodadi

Foto : Mr Yuki bersama rombongan. (Had)

BACAMALANG.COM – Mantapkan diri menjadi desa tangguh bencana, anggota JRCS (Palang Merah Jepang) Mr. Yuki bersama rombongan PMI mengunjungi desa Pujiharjo dan Purwodadi Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang, Minggu (1/3/2020).

“Anggota JRCS (Palang Merah Jepang) Mr Yuki datang untuk melihat langsung Pujiharjo dan Purwodadi menjadi desa tangguh bencana,” tandas Camat Tirtoyudo Ichwanul Muslimin.

Dikatakannya, kedatangan Mr Yuki bersama rombongan dari PMI Malang Raya, perangkat desa dan sukarelawan adalah untuk kerjasama dalam upaya sosialisasi kesiapsiagaan menghadapo bencana.

Diungkapkannya, kedatangan rombongan dirasa penting untuk memantapkan gerakan kemandirian desa dalam tindakan preventif dan antisipasi datangnya bencana semisal banjir, longsor dan tsunami.

Ia menuturkan, dengan adanya kunker tersebut bermanfaat untuk mengetahui beragam persoalan yang dihadapi warga, serta sharing ilmu manajemen kebencanaan.

“Kita semua tahu Jepang menjadi negara langganan bencana. Karenanya kita perlu banyak belajar dari Jepang. Kami berharap masyarakat tidak panik dalam menghadapi bencana agar keselamatan bisa dioptimalkan,” terang Ichwanul.

Sementara itu, Kepala Desa Pujiharjo Hendik Arso mengatakan, pihaknya sangat terbuka dengan adanya kunjungan dan kerjasama dari rombongan PMI.

“Pada prinsipnya kita welcome dengan kunjungan rombongan PMI. Kita menyadari disini mempunyai wilayah geografis yang berpotensi bencana. Mereka ingin melihat langsung manajemen penanganan bencana disini,” imbuh Hendik.

Dikatakannya, dirinya berharap agar kunjungan, yang berisi agenda audiensi, supervisi, dan sharing tersebut bisa memberikan output riil.

“Kami berharap agar ada bantuan nyata dari pemerintah pusat atau juga Jepang. Semisal bantuan alat deteksi dini bencana tsunami,” pungkas Hendik. (Had)