Ingin Tahu Tentang Amerika, Kunjungi Saja Ke American Corner UMM

Kegiatan workshop American Film Showcase yang digelar di American Corner UMM beberapa waktu lalu. (ned)

BACAMALANG.COM – Belajar di kampus tidak selalu lewat tatap muka di bangku kuliah. Seperti Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), yang memiliki fasilitas American Corner atau Amcor. Sesuai namanya, Amcor UMM ini merupakan fasilitator kerjasama resmi dengan pihak berwenang Amerika di Indonesia.

Amcor juga menjadi salah satu tempat menarik untuk mengembangkan wawasan internasional. Utamanya dalam mempelajari beragam hal terkait Amerika Serikat, mulai dari studi, riset hingga budaya.

Direktur Amcor UMM Ria Arista Asih, Ph.D. mengatakan, corner tersebut memang berada di bawah naungan US Embassy.
“Amcor ini juga telah bermitra dengan My America Jakarta dan Surabaya. Maka, ada banyak fasilitas dan kegiatan menarik yang selalu dihadirkan,” ungkapnya belum lama ini.

Ria menegaskan, UMM menjadi satu-satunya kampus yang memiliki Amcor di Kota Malang sekaligus yang kedua di Jawa Timur, dari total sepuluh Amcor yang tersebar di seluruh Indonesia. “Para mahasiswa bisa berkunjung di jam-jam operasional. Baik ketika ada agenda maupun hanya sekadar bermain untuk menambah wawasan dan melatih bahasa Inggris,” tambahnya.

Ria menerangkan, Amcor Kampus Putih (sebutan UMM), memiliki sederet fasilitas yang patut dicoba. Ada ratusan koleksi buku berbahasa Inggris, majalah internasional, akses jurnal internasional, hingga sederet komputer. Bahkan ada pula beragam board games, akses internet yang cukup cepat, DVD serta ruangan yang nyaman.

“Amcor UMM ini saya rasa dapat menjadi rujukan tempat untuk berdiskusi, belajar bahkan juga bermain bagi para mahasiswa. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menarik pula,” ungkap Ria.

Dijelaskan Ria, pihaknya juga menyediakan program rutin tiap minggunya. Salah satunya adalah English Speaking Buddy yang memungkinkan pengunjung untuk meningkatkan skill bahasa Inggris.

“Adapula Students Takeover, di mana para mahasiswa yang berkuliah di luar negeri bisa menunjukkan bagaimana kondisi dan situasi belajar di tempat studinya. Kemudian ada juga Miscellaneous atau program live discussion yang membahas lebih dalam mengenai isu-isu yang sedang hangat,” imbuh dia.

Namun Ria mengatakan, meski berada di lingkungan kampus, fasilitas ini dapat dinikmati masyarakat umum, tidak hanya terbatas bagi mahasiswa UMM saja. “Kami juga memberikan banyak info menarik serta idiom-idiom yang bisa digunakan untuk memperbagus bahasa Inggris melalui akun Instagram kami di @amcorumm,” pungkas Ria. (ned/lis)