Inilah Sosok Basia Kaban di Mata Para Sahabat

ist

BACAMALANG.COM – Basia Saritha Kaban, penulis lagu dan ex keyboardist Flanella telah meninggal dunia, Senin (28/6/2021) dini hari. Sosoknya dikenang oleh para sahabatnya, seperti Norman C-Four, Ayik Flanella, Kidnep Flanella hingga MC Oneng Sugiarta.

“Punya banyak kenangan bersamamu tapi hanya sedikit yang terekam, lainnya hanya tersimpan dalam kenangan. Kamu selalu menyenangkan, selalu menebar tawa dan bahagia dimanapun kamu berada. Aku bersaksi kamu adalah orang yang baik,” terang gitaris C-Four, Norman.

Gitaris C-Four, Norman menuturkan, dirinya masih punya utang satu lagu. “Aku masih punya utang dengan Kamu. Semoga terselesaikan janji ini walau sudah terlambat,” tulisnya di akun Facebook.

Sementara itu, Ayik Gitaris Flanella turut menyampaikan kesan tentang mendiang. “Basia sosok orang yang humble, dia suka guyon. Kalau aku bisa bilang, nggak pernah marah sedikitpun, nggak pernah tersinggungan orangnya. Dia asik banget, apalagi kalau kita saat bikin lagu bersama Basia,” tuturnya.

Bahkan Ayik juga menyampaikan kalau akhir-akhir ini punya project bareng Basia. “Saat awal pandemi saya diajak untuk mengisi lagunya. Akhirnya saya ke studio Bambang Morning After dan dikenalkan sama teman-teman Basia yang dulu memang saya sudah kenal, Saya pun rekaman dua lagu,” paparnya

“Saya bilang ke Basia, Ayo Bas lagu-lagu ayo kita push. Tapi Basia selalu bilang tunggu dulu. Karena saya tahu Basia ingin berkarir, jadi ia mengumpulkan beberapa materi ciptaannya untuk dirilis ulang, aransemen ulang, dan karya yang baru. Dan karya yang baru itu saya sudah take dua lagu bersama Basia dan rekan-rekan lain,” imbuhnya.

Uraian kesan tentang Basia juga diutarakan oleh Kidnep, vokalis Flanella. “Kita sama-sama belajar dari nol tentang mimpi berkarya. Album pertama Flanella bukti bahwa saya bisa saling melengkapi dengan beliau. Basia pinter bikin nada kecil. Saya bagian progresif nadanya dan Flanella mendinamiskan secara keseluruhan. Dan salutnya sampai hari ini dia masih berkarya dengan Basia and The Backyardnya,” tukas Kidnep.

Kidnep juga menyebut sejumlah lagu ciptaan Basia saat bergabung di Flanella, diantaranya seperti Anjelie, Dinda, Satu Yang, dan CAYT. “Kita sepakat semua lagu ciptaan berdua. Kalau ciptaan saya, berarti nama saya didepan. Kalau ciptaan dia, nama dia ada di depan,” jelas vokalis yang hobi mancing ini.

Ada pula kesan tentang Basia dari MC kondang Malang Raya, Oneng Sugiarta. “Basia wong sing entengan. Bulan Mei kemarin hampir setiap saat kita ketemu ngobrol banyak hal dan buat project macam-macam, (tentang) soundtrack 5 film pendekku Taurus sing rilis mulai Oktober nanti, buat lagu Lebaran, keinginan bikin cafe mek gawe kumpul kumpul-kumpul dan banyak angan-angan buat video clip dan lain-lain,” terang Oneng.

“Beberapa kali kalau (dia) mau ke Jakarta mampir rumah, sering bawakan Mangtai masakane bojone Mbak Vina sing enak-enak. Sering diskusi dan nongkrong bareng, cuma mulai Juni ini aku riwa-riwi luar kota ada beberapa project sampai akhirnya reschedule terus jadwal ketemu. Hampir seminggu lalu dikabari almarhum sakit. Masih sempat kirim kue ke rumahnya, lah kok tadi Subuh dikabari Reza Nikisae jam 2 pagi Basia tindak,” tandasnya. (had/red)