Inisiasi Bentuk Relawan Satgas Covid, Irjen Pol Teddy Minahasa Ajak Alumni SMPN 1 Pasuruan Angkatan 87

Foto: Staf Ahli Kapolri, Irjen Pol Teddy Minahasa. (ist)

BACAMALANG.COM – Staf Ahli Kapolri Irjen Pol Teddy Minahasa menginisiasi pembentukan Tim Relawan Satgas Covid-19 yang beranggotakan Alumni SMPN 1 Pasuruan angkatan 87′. Alasan dibentuknya relawan yang diberi nama Satgas Sobatku ini adalah rasa kemanusiaan, solidaritas dan ingin turut menkan angka kasus Covid-19.

“Pada akhir Juni 2021 lalu saya banyak membantu senior dan junior sesama polisi yang terpapar Covid-19, dan sebagian besar mereka menjalani isolasi mandiri karena keterbatasan kapasitas atau daya tampung rumah sakit di Jakarta,” tegas Staf Ahli Kapolri, Irjen Pol Teddy Minahasa.

Ia bahkan mengaku menyaksikan sendiri fenomena orang melakukan isolasi mandiri tanpa pengawasan dan treatment medis serta mengkonsumsi obat-obatan yang seadanya. “Mereka kesulitan mendapatkan obat-obatan yang dianjurkan oleh beberapa informasi medis di berbagai media,” tukasnya.

Dari kondisi inilah, Teddy berpikir agar bagaimana kondisi orang-orang yang tinggal di kota kecil seperti Pasuruan, Malang, dan sekitarnya bisa mendapatkan penanganan medis. “Mereka yang ada di kota kecil pasti lebih sulit, karena Jakarta yang begitu serba ada saja ternyata pasien Covid-19 kesulitan,” jelasnya.

Berdasarkan pengalaman dan situasi inilah, pihaknya mengajak rekan-rekannya alumni SMP negeri 1 Pasuruan angkatan 1987 untuk membentuk relawan dan Satgas yang bertugas melayani para alumni dan keluarganya yang terpapar Covid-19 dan tidak mendapatkan penanganan medis alias yang hanya melaksanakan isolasi mandiri.

Adapun fasilitas yang dimiliki oleh Satgas Sobatku ini berupa mobil operasional sebagai sarana transportasi, ambulance, posko, peralatan medis berupa tabung oksigen, nebulizer, alat ukur saturasi, alat ukur suhu tubuh, dan lainnya.

“Dan bagi kawan-kawan alumni yang terpapar oleh Covid-19 diberikan obat-obatan, vitamin, nutrisi, sampai dengan dukungan makan 3 x sehari selama pelaksanaan isolasi mandiri,” sambungnya.

Ia menjelaskan, semua jenis obat-obatan dan vitamin serta nutrisi yang berhubungan dengan Covid-19 telah di stock oleh Satgas ini sehingga dapat memberikan memberikan bantuan medis kepada alumni yang terpapar oleh Covid-19.

“Harapan saya, semoga relawan-relawan lain bermunculan setelah ini, untuk membantu sesama anak bangsa dalam menanggulangi pandemi Covid 19 ini. Relawan-relawan semestinya hadir dalam kondisi seperti ini untuk membantu pemerintah dalam menjaga keselamatan bangsa, bukan marak ketika Pemilu dan Pilkada saja,” tegasnya.

Anggotanya Alumni SMPN 1 Pasuruan

Tim ini beranggotakan alumni SMPN I Pasuruan tahun 1987 yang tak lain adalah teman-teman Teddy semasa duduk di bangku sekolah menengah pertama. Jumlah alumni sendiri sebanyak 225 orang.

Dalam beberapa bulan terakhir, tercatat ada 17 orang alumni yang terinfeksi Covid-19. Kebanyakan dari alumni tersebut takut untuk berobat ke puskesmas atau rumah sakit, lantaran khawatir didiagnosa Covid-19, sehingga dari situlah, ide untuk membentuk tim relawan, muncul dan direalisasikan sejak 18 Juli lalu.

“Kami memang punya komunikasi yang bagus dengan semua alumni SMPN 1 Pasuruan. Dan sejak beberapa bulan terakhir, ada belasan teman yang terpapar dan mereka takut dibawa ke puskesmas atau rumah sakit, tapi mereka cerita ke kita. Dari situlah, akhirnya kita bentuk tim ini,” kata Bendahara Tim Hardono.

Dijelaskannya, tim ini juga dilengkapi dengan beberapa orang dokter yang siap memfasilitasi informasi obat-obatan dan vitamin yang harus diminum selama perawatan. Utamanya para alumni yang terpapar tanpa gejala atau dengan gejala ringan sampai sedang.

Dikatakannya, ada teman-teman yang profesinya dokter dan diminta untuk membantu dalam hal info obat dan vitamin. Selain obat dan vitamin, Tim ini juga mensuplai makanan, minuman dan buah yang terbungkus dalam satu kotak nasi. Para alumni yang menjalani isolasi mandiri di rumah akan disuplai mamin (makanan minuman) selama tiga kali dalam sehari dan diantar ke rumah.

Ditegaskannya, semua bantuan obat, vitamin dan mamin di back up penuh oleh Irjen Pol Teddy Minahasa dalam rangka membantu Pemerintah menuntaskan Pandemi Covid-19. Begitu pun pada alumni yang terpapar dengan gejala berat atau butuh dilarikan ke rumah sakit, Tim ini menyediakan Mobil Ambulance. (*/had)