Irjen Pol M Fadil Imran Pimpin Polda Jatim, Moreno Soeprapto : Sosok yang Millenial

Caption: Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi Gerindra Moreno Soeprapto. (ist)

BACAMALANG.COM – Irjen Pol M Fadil Imran akan segera menjabat Kapolda Jatim menggantikan Irjen Pol Luki Hermawan. Hal ini berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/ 1377/ V/ KEP./ 2020 tertanggal 1 Mei 2020.

Dalam surat tersebut, Irjen Pol Luki Hermawan akan menempati jabatan baru sebagai Wakalemdiklat Polri. Sementara penggantinya, yakni Irjen Pol M Fadil Imran yang sebelumnya menjabat sebagai staf Ahli Sosial Budaya (Sahli Sosbud) Kapolri.

Kehadiran sosok Irjen Pol M Fadil Imran di Jatim, juga disambut baik oleh Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi Gerindra Moreno Soeprapto. Menurut Anggota DPR RI dari Dapil Malang Raya ini, Fadil merupakan Lulusan Akpol 1991 dengan gaya kepemimpin yang millennial.

“Beliau ini sosok yang millenial. Bukan hanya dilihat dari gayanya saja, tapi juga pemikirannya,” aku Moreno yang sangat mengetahui betul kiprah dari Fadil Imran.

Dengan pengalaman yang dimiliki, Moreno sangat yakin bahwa jenderal polisi bintang dua tersebut bisa melindungi dan mengayomi masyarakat Jawa Timur dengan sangat baik.

“Beliau ini mempunyai ciri kepemimpinan terbuka, dinamis dan komunikatif. Tentu ini akan mempermudah dalam pengungkapan kasus – kasus baru yang terjadi di masyarakat. Artinya, saya yakin beliau cukup mampu untuk menjawab tantangan yang di hadapi saat ini,” terang mantan Pebalap Nasional ini.

Moreno menambahkan bahwa dirinya pertama kali mengenal sosok Irjen Pol. Fadil Imran awal tahun 2000-an saat masih aktif berkecimpung di bidang olahraga otomotif. Kala itu, Fadil seringkali menyampaikan pesan-pesan motivasi kepada dirinya sebelum perlombaan.

“Saya ingat pesan beliau kepada saya kalau kita sebagai generasi muda harus dapat memberikan inspirasi bagi anak – anak muda lainnya. Disitulah saya semakin memacu adrenalin saya untuk terus berprestasi agar dapat menginspirasi kepada junior-junior saya agar berprestasi lebih baik,” terangnya.

Tidak hanya itu, sosok Fadil juga menjadi teman diskusi yang baik kala Moreno terjun ke dunia politik, tepatnya saat bertugas di Komisi III DPR RI sebagai salah satu mitranya adalah Kepolisian Republik Indonesia.

“Dalam beberapa kesempatan saya banyak berdiskusi dengan beliau mengenai banyak hal. Kesan saya dengan beliau selalu menerima saya dengan hangat, meskipun Bang Fadli sendiri sibuk dengan tugas-tugasnya,” paparnya.

Untuk diketahui, Irjen Pol Drs. H. Mohammad Fadil Imran M.Si merupakan Lulusan Akpol 1991 kelahiran Makassar yang berpengalaman dalam bidang reserse. Namanya cukup dikenal kala berhasil membongkar kasus besar yang berkaitan dengan organisasi siber terorganisir Muslim Cyber Army (MCA) pada Februari 2018 silam. Selain itu juga berhasil membongkar kasus pembajakan film Warkop DKI Reborn dan menyelamatkan akun media sosial seorang aktor sekaligus anak Venna Melinda, Varrel Bramasta.

Sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Sosial Budaya Kapolri, ia pernah menjabat sebagai Kasat III Dit Reskrimum Polda Metro Jaya, Kapolres KP3 Tanjung Priok (2008), Wadir Reskrimum Polda Metro Jaya (2009), Kasubdit IV Dittipidum Bareskrim Polri (2011), Dirreskrimum Polda Kepri (2011), Kapolres Metro Jakbar (2013), Anjak Madya Bidang Pidum Bareskrim Polri (2015), Dirreskrimsus Polda Metro Jaya (2016), Wadirtipideksus Bareskrim Polri (2016) dan Dirtipid Siber Bareskrim Polri (2017). (Yog/Red)