ITN Malang Raih Peringkat Pertama Anugerah Kampus Unggulan LLDIKTI Jatim

Rektor ITN Malang Prof Dr Ir Abraham Lomi, MSEE (tengah), bersama piala Anugerah Kampus Unggulan (AKU) untuk Kategori Institut dan penghargaan lainnya yang diterima ITN, Senin (29/11/2021). (ned)

BACAMALANG.COM – Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang berhasil meraih Peringkat I Penghargaan Anugerah Kampus Unggulan (AKU) untuk Kategori Institut. Penghargaan ini diberikan pada Rapat Kerja Pemimpin Perguruan Tinggi (Rakerpim PT) yang diselenggarakan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VII Jatim di Grand Mercure Hotel Malang, Rabu 24 November 2021 lalu.

Rektor ITN Malang Prof Dr Ir Abraham Lomi, MSEE mengaku senang kampusnya dapat mempertahankan peringkat pertama AKU kategori institut ini, setelah penghargaan yang sama juga diperoleh pada tahun 2020. “Kami berharap apa yang kami lakukan dapat konsisten, agar tahun depan dapat dipertahankan sehingga tercipta hattrick,” kata Lomi dalam jumpa pers di kampus ITN, Senin (29/11/2021).

Menurut Lomi, hattrick atau capaian prestasi tiga kali berturut-turut ini sebenarnya bisa diraih jika penghargaan itu tidak terlepas pada Rakerpim tahun 2019. Namun hal itu justru menjadi motivasi bagi seluruh civitas akademi ITN untuk lebih giat lagi dalam meningkatakan prestasi dan tata kelola kampus.
“ITN Malang mampu menunjukkan prestasi baik mahasiswa maupun dosen yang aktif dan inovatif di saat pandemi, serta penerapan Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) mahasiswa, sehingga mampu memberi ruang bagi mahasiswanya untuk belajar di luar dan memperluas wawasannya,” papar Lomi.

Hasinya, tahun ini ITN juga berhasil meraih tiga penghargaan lainnya, yaitu Peringkat I Kategori Kualitas Pelaporan Terbaik, Peringkat III Kategori Implementasi MBKM Terbaik, Peringkat IV Kategori Kampus Dengan Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Terbaik.

Lomi menerangkan, prestasi Piala AKU ini akan digunakan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas kampus, salah satunya pengajuan akreditasi internasional jurusan teknik elektro, teknik mesin dan perencanaan wilayah ke BAN PT tahun 2022 mendatang.

Tahun 2021 ini merupakan perolehan AKU untuk ke 8 kalinya bagi kampus teknik ini. Sedangkan predikat kampus unggulan sudah diterima sebanyak 13 kali berturut-turut sejak tahun 2009. “Saya berharap, capaian prestasi ini akan meningkatkan minat bagi lulusan SMA untuk melanjutkan studinya di ITN,” tandas Lomi.

ITN Malang membuka pendaftaran mahasiswa baru gelombang 1, mulai 10 November 2021 hingga 30 Juni 2022. Info lengkap bisa diakses melalui pmb.itn.ac.id atau www.itn.ac.id. (ned)