Jadi Narasumber Forum Rektor Indonesia, Ini Pesan Dekan FTP UB

Foto: Forum Rektor Indonesia 2020. (ist)

BACAMALANG.COM – Dekan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya, Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, MP., menjadi narasumber dalam kegiatan Forum Rektor Indonesia yang diselenggarakan secara daring, Rabu (16/12/2020).

Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 387 peserta dari berbagai universitas dan lembaga se-Indonesia itu Prof. Imam menjelaskan, bahwa peran teknologi pertanian sangat strategis untuk mendukung ketahanan pangan guna mencapai kemandirian pangan.

Hal ini demi tercapainya kedaulatan pangan yang menjamin ketersediaan, keberagaman dan kualitas pangan dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam, manusia, sosial, ekonomi, dan kearifan lokal secara bermartabat yang sesuai dengan potensi sumber daya lokal.

Imam Santoso juga menjelaskan terkait pemenuhan pangan tidak saja dari sisi produksi pangan dalam bentuk primer atau segar. Namun permintaan pangan olahan dalam 10 tahun meningkat tajam meski dimasa pandemi.

Dikatakan, berdasarkan data Januari hingga September 2020 menunjukkan bahwa kontribusi industri makanan minuman sebesar 39,51 persen pada triwulan ke-3 terhadap PDB sektor industry pengolahan non migas. Sementara industri makanan minuman juga berkontribusi terhadap ekspor non migas sebesar 21,38 persen untuk eskpor nasional.

“Ketahanan pangan dapat ditingkatkan dengan membangun teknologi pertanian melalui optimalisasi sinergi antara kearifan local yang cerdas dan berkelanjutan dengan meningkatkan dan mengembangkan penelitian pada alat dan mesin pertanian prapanen, panen &pascapanen”, katanya.

Ditambahkan, teknologi pengolahan pangan lokal, fungsional hingga teknologi substitusi impor untuk menghasilkan aplikasi aplikasi dan diseminasinya guna menghasilkan desain dan rekayasa teknologi pangan yang mendukung kemandirian pangan dan ekspansi ekspor. (Lis/red)