Jaga Imun Tubuh, Perwira Tinggi AAL Gelar Latihan Menembak

Latihan menembak dengam pistol yang dilakukan Gubernur AAL. (Foto : Bagpen AAL)

BACAMALANG.COM – Berbagai cara dilakukan guna menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Seperti yang dilakukan oleh perwira tinggi di Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) yakni dengan oleh raga menembak.

Bagi prajurit TNI, olah raga menembak merupakan salah satu kegiatan yang mengasah naluri tempur. Hal itu ditegaskan oleh Gubernur AAL, Mayjen TNI Nur Alamsyah saat berlatih menembak pistol di Lapangan Tembak Jala Krida Bajra, Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya.

Dalam latihan menembak dengan posisi menembak presisi dan posisi menembak reaksi ini seluruh peserta latihan menggunakan beberapa senjata pistol seperti Sig Sauer kaliber 9 mm buatan Jerman, senjata pistol G2 kaliber 9 mm buatan Pindad dan senjata pistol Tanfoglio kaliber 9 mm buatan Jerman.

Jarak yang digunakan yakni 20 meter terdiri dari percobaan dalam waktu 60 detik dengan menggunakan 3 butir amunisi, menembak presisi (Slow fire) dalam waktu 3 menit dengan 10 butir amunisi dan reaksi (Rafid Fire) dengan waktu 63 detik dan 10 butir amunisi.

Mayjen TNI Nur Alamsyah menjelaskan, bahwa tujuan dalam latihan menembak kali ini, selain berolahraga guna menjaga imunitas tubuh, juga untuk mengasah naluri tempur dan meningkatkan profesionalisme dalam menembak pistol.

“Esensi dari menembak pistol, kata dia, adalah untuk melatih kecermatan, fokus dan konsentrasi serta kesabaran dan ketenangan dalam menembak sasaran yang telah disiapkan sehingga mendapatkan hasil yang terbaik”, katanya, Kamis (5/6).

Gubernur AAL menambahkan, menembak senjata merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap prajurit TNI. Oleh sebab itu, kemampuan tersebut harus terus dipelihara dan ditingkatkan.

“Latihan menembak ini, tentunya untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan kita semua sebagai prajurit. Namun latihan ini juga untuk membuat badan dan pikiran menjadi fresh kembali setelah melakukan aktivitas yang menguras tenaga dan fikiran. Waktu dan fasilitas yang ada harus dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan kemampuan perorangan khususnya dalam bidang menembak,” beber Gubernur AAL.

Turut hadir dalam latihan itu seperti Wagub AAL, Laksamana Pertama TNI Rudhi Aviantara dan Seklem AAL, Laksamana Pertama TNl Syamsul Rizal serta para PJU AAL lainnya. (Lis/red)