Jalankan Olshop Sejak SMA, Usaha Alumnus UB Ini Eksis di Tengah Pandemi

Caption : Crismadhisti Prashintia. (ist)

BACAMALANG.COM – Kunci sukses bisnis (meski di tengah pandemi) selain dari passion adalah juga dari spirit serta sugesti kuat akan terbukanya pintu rejeki.

“Jika ada yang bertanya apa pandemi berdampak pada usaha saya, maka saya katakan pastinya iya karena aku sendiri juga kalau disuruh milih buat makan atau beli barang yang nggak butuh-butuh banget juga pasti milih buat makan. Tapi aku yakin aja setiap orang yang jualan, atau siapapun pasti sudah terjamin rezekinya sama Tuhan ya karena Tuhan sudah atur rezekinya masing-masing,” tutur alumnus Universitas Brawijaya (UB) Crismadhisti Prashintia, pelaku usaha online shop, Senin (15/3/2021).

Sejak SMA Jalani Olshop

Perempuan asal Surabaya yang sekarang tinggal di Sidoarjo ini menceritakan awal menjalankan olshop.

“Kalau usaha online shop udah terjun dari tahun 2013 saat lulus SMA. cuman pada saat itu produk yang dijual ganti-ganti. Pernah jual Binder, Dompet, Jam Tangan, Sepatu, Tas lokal dengan harga terjangkau dan sekarang menjajal jualan Sprei dan Case (pembungkus) Handphone karena saya suka koleksi lucu-lucu,” terangnya.

Ia mengatakan menjalankan usaha tanpa modal. “Awalnya malah tanpa modal karena waktu itu masih sekolah jadi belum punya uang banyak untuk modal usaha. Akhirnya untuk memudahkan sistem jualanku adalah pembeli melakukan payment dulu lalu aku baru ambilkan barangnya di supplier. Kalau sekarang jualan Sprei dan Case ini modalnya Rp 2 juta dari hasil jualan Tas sama Sepatu yang udah gak terlalu ramai. Akhirnya saya putar otak supaya Online Shop saya tetap jalan,” urainya.

Awalnya iseng, lalu keterusan

Ia menjelaskan alasan membuka usaha. ” Alasan buka usaha awalnya jujur karna cari uang saku. Waktu baru lulus SMA sambil menunggu masuk kuliah kepikiran kalau aku nggak sekolah nggak akan dapet uang saku dari orang tua. Akhirnya iseng cari sendiri lewat Online Shop. Jadi keterusan sampe sekarang karena suka dan sesuai passion. Selain itu menurut aku jualan Case sekarang juga pangsa pasarnya ke semua orang, karena semua orang pasti punya Smartphone,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, alamat usaha berada di Sidoarjo. “Domisili Online Shop aku di rumah aku, tepatnya di Sidoarjo. Tapi kadang aku masih melayani pembeli yang ingin beli tapi sistem COD. Untuk luar kota, aku juga melayani pengiriman ke seluruh Indonesia pakai beberapa ekspedisi karna kebetulan emang banyak banget sekarang pilihan ekspedisi, buyer tinggal pilih aja mau ekspedisi apa,” imbuhnya.

Ia menceritakan memiliki akun Instagram untuk bisnis. “Onlineshop aku bisa ditemuin di Instagram @allyouneedstuffid menjual berbagai macam Case Handphone untuk berbagai macam Smartphone dengan harga yang terjangkau dan model yang kekinian,” tegasnya.

Potensi pasar besar

Gambaran potensi pasar menurut dia cukup bagus. “Kalau dulu potensi pasar aku jelas anak muda, anak-anak SMA, kuliah yang suka outfit murah tapi bagus. Tapi kalau sekarang pangsa pasar aku adalah semua kalangan. Aku yakin aja dari anak SD sekarang aja udah pakai Iphone, apalagi yang kalangan remaja, dewasa semua pasti pakai Smartphone dan butuh aksesoris Handphone seperti Case untuk pelindung,” ungkapnya.

Ia menceritakan jika omset yang diraup lumayan. “Omset aksesoris Handphone Case itu per minggu Rp 300-400 ribu. Itu menurut aku lumayan banget karna barang yang aku jual bukan barang primer. Tapi aku tetap jual karna tadi aku seneng, jadi ngejalaninnya nggak ada beban,” paparnya.

Sehubungan kendala usaha ia menjelaskan jika hal tersebut pasti ada. “Kendala usaha karena sistem jualan aksesoris HP aku adalah Import dari luar negeri jadi butuh kesabaran dan ketelatenan untuk memberi pengertian ke customer kalau akan agak lama proses menunggunya. Kalau emang masih rejeki pasti dia beli, kalau nggak jadi beli karna tidak mau menunggu lama ya gapapa, pasti nanti ada rezekinya yang lain,” tukasnya.

Eksis dengan semangat berpromosi

Untuk kiat eksis jalani bisnis ia mengaku harus terus semangat promosi produk. “Tetap terus promosi dan update di IG pribadi dan IG Onlineshop juga di media lain. Gunanya sebenernya cuma buat mengenalkan aja ke temen IG biar pada tau aku jualan Aksesoris HP yaitu Case. gitu aja sih,” katanya.

Ia menjelaskan, pembeli produk berasal dari seluruh Indonesia. “Dari semua kalangan pasti karena pasti semua orang pakai Smartphone. dan harga aksesoris HP Case yang aku jual juga termasuk sangat terjangkau yaitu Rp 30 ribu – 60 ribu dengan kualitas Import,” imbuhnya.

Ia ingin dan berharap usaha semakin maju. “Harapan ke depan ya semoga usaha saya semakin maju, bisa punya Toko secara fisik yang orang-orang bisa dateng ke tempat langsung, karena saat ini basenya masih Online Shop aja. Emang sih aksesoris HP bukan barang primer tapi kalau udah dapet kepercayaan dari customer soal kualitas pasti InshaAllah mah ada aja pembelinya. Silahkan lihat jualan saya di Instagram : @allyouneedstuffid https://instagram.com/allyouneedstuffid?igshid=1dx0aj0s21w03,” pungkasnya. (had)