Jelang Coblosan, BBHAR PDI Perjuangan Siaga Penuh 24 Jam

Ketua Tim Pemenangan SANDI dan BBHAR saat berada di Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat atau BBHAR Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kabupaten Malang siap siaga selama 3×24 jam menjelang pemungutan suara, Rabu (9/12/2020).

BBHAR memiliki tugas mengawasi dan memantau kecurangan yang timbul dalam Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Malang 2020. Mereka standby di Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang, Jalan Mojosari, Ngadilangkung, Kota Kepanjen.

Ketua BBHAR DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang, Agus Subyantoro SH mengatakan, ada enam anggota BBHAR yang bertugas bergantian mengawali proses pemungutan suara.

“Tujuannya, agar bisa bergerak sewaktu-sewaktu saat ditemukan adanya tindakan yang mengarah pada pelanggaran. Menurut pantauan yang dilakukan BBHAR di lapangan, saat ini sudah ditemukan adanya indikasi-indikasi pelanggaran tersebut,” kata Agus, Selasa (8/12/2020).

Agus menambahkan, BBHAR siap siaga mulai hari, besok hingga lusa usai pemungutan suara.

“Pengawasannya juga akan dilakukan bersama Ketua Pengurus Anak Cabang (PAC, red) yang tersebar di seluruh kecamatan se-Kabupaten Malang. Koordinasi tidak pernah putus,” sambungnya.

Sementara Ketua Tim Pemenangan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Malang nomor urut 1, HM Sanusi dan Didik Gatot Subroto atau SANDI, Darmadi, menyatakan bahwa kesiapsiagaan BBHAR merupakan bentuk antisipasi karena beberapa waktu terakhir sudah mulai muncul pelanggaran-pelanggaran oleh orang-orang tidak bertanggungjawab.

“Disini sebagai pusat kendali Tim Pemenangan. Standby ini dimaksudkan untuk bisa memantau pergerakan. Terutama pergerakan yang berpotensi dapat merugikan SANDI dengan cara yang inkonstitusional,” Darmadi mengungkapkan. (mid/yog)