Jelang Idul Adha, Begini Imbauan Untuk Penyembelihan Hewan Kurban di Kota Malang

Rakor penyembelihan hewan kurban di Balaikota Malang. (ist)

BACAMALANG.COM -Jelang Idul Adha, Ketua FKUB Kota Malang Taufiq Kusuma memberikan beberapa imbauan untuk penyembelihan hewan kurban di Kota Malang.

“Jika ada hewan kurban dari masyarakat terindikasi PMK, maka hewan kurban bisa disembelih di RPH,” tegas Ketua FKUB Kota Malang Taufiq Kusuma.

Seperti diketahui wabah Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) masih mengintai hewan ternak, meskipun kini sudah dekat dengan Hari Raya Idul Adha 2022.

Dikatakannya meskipun begitu, masyarakat Kota Malang tak perlu khawatir. Jika hewan ternak yang dijadikan kurban terindikasi PMK dengan gejala berat, ada solusinya.

“Yang sudah ada nampak ada gejala sakit baru langsung dibawa ke RPH,” katanya.

Taufiq juga menjelaskan, jika hewan kurban bergejala ringan, masyarakat masih bisa menyembelihnya di masjid-masjid dekat rumah masing-masing.

“Kalau hanya sekadar gejala ringan masih diperkenankan untuk dilanjutkan. Penyembelihan juga bisa dilakukan di tempat ibadah masing-masing,” tuturnya.

Sementara itu Wali Kota Malang, Sutiaji telah memastikan bahwa hewan kurban boleh disembelih. Tidak ada larangan bagi tempat ibadah untuk menerima hewan kurban.

Sutiaji pun telah membentuk tim kesehatan hewan untuk memeriksa kesehatan hewan sebelum disembelih pada Hari Raya Idul Adha 2022 nanti di Kota Malang. (*/had)