Jualan Madu ala Pemuda Wagir, Laris Manis Kala Pandemi

Caption : Produk madu disukai perempuan pekerja (karyawan) pabrik. (dok pribadi)

BACAMALANG.COM – Kala musim pandemi Covid 19, orang membutuhkan suplemen sebagai benteng diri agar tetap sehat dan fit. Peluang inilah yang dimanfaatkan dengan baik oleh pemuda asal Sidorahayu Kecamatan Wagir Kabupaten Malang Rizki Diawar yang menjalankan usaha Madu Murni ATPM.

“Usaha madu ini berawal dari kantor ibu saya yang sudah lama menjual madu, sekitar tahun 2017. Namun tahun 2021 bulan Juli ini, saya mulai lagi dan saya re-branding. Saya bersyukur usaha ini laris manis kala pandemi,” tegas Rizki Diawar memulai bercerita.

Ia mengatakan alasan membuka usaha ingin memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat bahwa minum madu rutin dapat menjaga dan menaikkan imunitas tubuh, dan mengonsumsi madu inshaAllah menjadi langkah ikhtiar yang baik dalam menjaga kesehatan.

Ia menjelaskan, adanya Covid menyadarkan orang menjaga kesehatan. “Justru dengan adanya Covid yang datang ke Bumi, membuat orang sadar pentingnya menjaga kesehatan, dengan salah satunya mengonsumsi Madu Murni ATPM. Dilain sisi saya juga semangat ikut berkontribusi dalam menyehatkan dan menjaga stamina orang-orang,” urainya.

Ia mengungkapkan bahan baku madu berasal dari Lebah yang menghisap nektar bunga. Ada bunga Pohon Randu, bunga Pohon Mahoni, bunga Pohon Karet, dan juga madu Tawon Klanceng.

Untuk saat ini ia masih belum mempunyai peternakan lebah sendiri. “Alhamdulillah pengonsumsi Madu Murni ATPM sudah dari berbagai kota di Indonesia. Mulai Mojokerto, Surabaya, Bogor, dan Malang Raya. Bahkan sudah melakukan pengiriman hingga ke Sumatera yakni di Kota Medan,” tandasnya.

PEMASARAN KOMBINASI

Ia melakukan sistem pemasaran kombinasi antara online dan offline.
Online melalui media sosial WhatsApp dan Instagram. Dan dukungan teman-temannya yang mempromosikan Offline melalui kantor tempat ibunya bekerja dan juga di pabrik-pabrik.

Dikatakannya, manfaat mengonsumsi madu banyak sekali. Apalagi Madu Murni ATPM adalah asli tanpa pengawet. Menyehatkan kaya akan nutrisi alami.

Madu bermanfaat, karena mengandung antioksidan yang dapat menurunkan resiko serangan Jantung, stroke, dan kanker. Menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol. Menjaga Kesehatan Jantung, serta dapat digunakan untuk kecantikan dan ketampanan.

Ia menuturkan masih belum memiliki karyawan. Hanya saja, terkadang meminta bantuan adiknya untuk packaging.

Dipaparkannya modal membuka usaha ini tidak terlalu banyak. Dibutuhkan sekitar kurang lebih Rp 1 – 2 juta.

Ia menjelaskan usaha ini miliknya sendiri. Madu masih mengambil ke peternak Lebah bukan peternakan sendiri.

RENCANA BERDAYAKAN WARGA

Ia berkeinginan membuka lapangan pekerjaan dimana ditujukan pada masyarakat lingkungan sekitar. Jika ke depan usaha madu ini berkembang pesat, InshaAllah pemberdayaan masyarakat akan digalakkan, demi kemaslahatan bersama.

“Dalam usaha pasti ada saja kendala, dan setiap kendala pasti ada solusinya,
Selama ini kendala yang dirasakan yakni manajemen pengelolaan yang belum maksimal, konten dan desain pemasaran yang belum maksimal.
Solusinya, selalu menyempatkan membuat planning, meskipun terkadang ada saja yang tidak terealisasi. Selain itu juga minta bantuan terkait desain dan pemasaran,” katanya.

“Harapan saya ke depan, masyarakat dapat teredukasi dengan mengonsumsi madu murni merupakan bentuk ikhtiar diri untuk menjaga kesehatan dari perlindungan dari berbagai penyakit. Mengonsumsi Madu ATPM merupakan salah satu solusi dalam melakukan ikhtiar tersebut,” imbuhnya.

Ia memperoleh madu dari petani desa daerah Jember di bawah area Gunung Bromo. Dalam satu bulan kurang lebih omset yang didapatkan sekitar Rp 2 juta. Dalam kondisi pandemi ini, malah memberikan peningkatan kepada penjualan Madu Murni ATPM. Hal ini dikarenakan banyaknya permintaan untuk pemenuhan tambahan vitamin untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.

Dalam proses pengolahan, kalau dari peternakan ada alat namanya pemeras madu, dan kalau untuk packaging masih manual. Sementara untuk kemasan ia membelinya di agen dan grosir botol di Kota Malang.

Ada beberapa jenis ukuran botol dan harga masing-masing botol. Harga ada yang Rp 35 ribu, Rp 70 ribu, Rp 135 ribu dan Rp 260 ribu. Untuk madu Klanceng Rp 130 ribu.

Untuk info produk bisa email ke ATPM.MaduMurni01@gmail.com, Instagram @madumurni.atpm. Nomer HP pemesanan (pembelian) WA 089-651-771-780.

Produk ini mempunyai motto Stay Healty, and Bee Happy. Alamat usaha : Jalan Nakula RT 02 RW 01 nomor 74 Sidorahayu Wagir Kabupaten Malang. (had)