Kaderisasi ke-5 Pemuda Demokrat Indonesia Tekankan Semangat Nasionalisme

Mantan Walikota Malang, Peni Suparto jadi salah satu pemateri dalam kegiatan Kaderisasi ke-5 Pemuda Demokrat Indonesia Kabupaten Malang (ist)

BACAMALANG.COM – Dewan Pimpinan Cabang Pemuda Demokrat Indonesia Kabupaten Malang melaksanakan kaderisasi ke-5, Sabtu (27/3/2021).

Kaderisasi digelar di Puri Sang Amurwa Bumi, Kota Kepanjen. Temanya, Massa Aksi Menuju Kemandirian Bangsa.

Kader-kader Pemuda Demokrat Indonesia ditekankan mengenai semangat nasionalisme. Mantan Walikota Malang, Drs Peni Suparto MAP, didapuk menjadi salah satu pemateri.

Dihadapan para 50-an orang kader Pemuda Demokrat Indonesia, Peni Suparto berbicara tentang arti penting pemahaman ideologi sebagai modal untuk bisa bergerak dengan pegangan yang disebut Sosio Nasionalisme, Sosio Demokrasi, dan Ketuhanan.

“Nasionalisme kita jangan Nasionalisme yang sempit, tapi Nasionalisme yang humanisme,” kata pria yang akrab disapa Ebes Inep.

Pemateri lainnya, Ahmad Khoesairi selaku Koordinator Badan Pekerja LSM Pro Desa, menyampaikan perihal konsep ekonomi Pancasila.

“Sistem ekonomi Pancasila adalah suatu sistem ekonomi yang berbasis pada kekuatan ekonomi rakyat yang selalu mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kejujuran, toleransi, tenggang rasa, dan nilai-nilai kemanusiaan lainnya, serta selalu melibatkan nilai-nilai budaya dan agama yang diyakininya,” tutur Khoesairi.

Selain Ebes Inep dan Khoesairi, kaderisasi ke-5 Pemuda Demokrat Indonesia juga menghadirkan pemateri lain. Diantaranya, Vabianos Hendri dari DPD Pemuda Demokrat Indonesia Jawa Timur; Kepala Desa Tirtomoyo sekaligus istri Wakil Bupati Malang, Hanik Dwi Martha; serta Ketua Himpunan Penghayat Kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Hadi Pradjoko. (mid/red)