Kades Ini Dapat Penghargaan BNPT RI, Usai Laporkan 30 Warga Terpapar NII

Caption : Pemberian penghargaan dari BNPT RI. (ist)

BACAMALANG.COM – Kades di Lampung mendapat penghargaan dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI), usai melaporkan 30 warga terpapar paham NII (Negara Islam Indonesia).

“Penghargaan dan apresiasi tersebut sangat layak diberikan, sebab disaat ini butuh keberanian seperti pak kades tersebut, mencegah radikalisme lebih baik dari pada nanti paham radikalisme tersebut menyebar dan menjadi aksi teroris justru akan membahayakan masyarakat,” tegas Direktur Pencegahan BNPT Brigjen Pol. R. Ahmad Nurwakhid, baru-baru ini.

Seperti diketahui, BNPT RI melalui Direktur Pencegahan BNPT Brigjen Pol. R. Ahmad Nurwakhid menyerahkan langsung penghargaan dan apresiasi kepada Didik Marhadi, Kepala Desa Sidodadi Asri Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan.

Brigjen Nurwakhid juga tidak mau menyalahkan siapapun, termasuk pemerintah dan aparat setempat disebabkan paham radikalisme mirip virus yang tidak tampak, mereka menyebar secara underground jadi wajar bila aktifitas mereka tidak terdeteksi aparat setempat

Diharapkan kepala desa yang lain di Indonesia mencontoh kades Sidodadi Asri tersebut untuk melaporkan bila ada informasi warganya yang terpapar radikalisme agar segera ditindaklanjuti supaya lingkungan aman karena Kades merupakan garda terdepan di masyarakat.

Sementara itu Kepala Desa Didik Marhadi mengharapkan pemerintah dan aparat lebih peduli dan turun ke masyarakat untuk membantu menyelesaikan persoalan seperti di desanya tersebut. Sementara ini pihak desa Sidodadi mendapat pendampingan dari organisasi NII Crisis Center untuk berkomunikasi dengan beberapa korban yang sudah keluar.

“Alhamdulillah ada beberapa warga saya berhasil keluar dari kelompok radikal itu dan pihaknya akan terus berusaha untuk berusaha berdialog dengan warga yang masih aktif, semoga mereka bisa insyaf semua dan kembali ke pangkuan NKRI,” tuturnya.

Didik berharap warga yang sudah kembali ke NKRI dapat membantu NII Crisis Center dalam rangka untuk melawan gerakan radikalisme dimasyarakat. (*/had)