Kampung Jadi Benteng Sosial Kala Pandemi, Begini Kata Penggiat Japung Nusantara

Caption : Ngobrol Gerakan Literasi Kampung, Minggu (27/6/2021) via Zoom Meeting. (ist)

BACAMALANG.COM – Eksistensi dan keberadaan kampung berperan vital menjadi benteng Sosial kala Pandemi seperti sekarang ini. Hal ini dikatakan Penggiat Japung (Jaringan Kampung) Nusantara, Redi Eko Prasetyo, menyambut event Ngobrol Gerakan Literasi Kampung, Minggu (27/6/ 2021) via Zoom Meeting.

“Kampung menjadi pilar utama dalam menguatkan ketangguhan bangsa dalam menghadapi pandemi,” tegas Redi Eko Prasetyo.

“Kampung dalam hal ini merupakan ruang utama yang sangat strategis, terutama dalam penguatan aspek imunitas kebangsaan. Kondisi pandemi ini membutuhkan banyak gerakan kolektif yang sifatnya produktif yang tentunya dengan kaidah-kaidah yang tidak lagi kita lakukan dengan pola sebelum pandemi. Tetapi tetap ketat menjaga protokol kesehatan. Hal ini berguna mengalihkan energi secara psikologis kolektif di masyarakat kita agar ketangguhan dalam berselancar di masa pandemi ini terus terjaga. Nah kampunglah dalam hal ini, sebagai benteng sosial untuk menghadapi pandemi ini,” tutur Redi Eko Prasetyo.

Seperti diketahui, Japung Nusantara mengadakan Ngobrol Gerakan Literasi Kampung, Minggu (27/6/ 2021) via Zoom Meeting.

“Ketika sosial media dibanjiri hoax dan ujaran kebencian. Bagaimana kampung-kampung memelihara “kewarasan” pikiran dan emosi warganya melalui gerakan literasi? Bagaimana kampung menjadi ruang baca dan belajar, menggali kearifan dan ilmu – dan tempat berdiskusi yang seru tapi santun? Tentu banyak tantangan dan masalahnya. Tapi bukan berarti tak ada solusi dan harapan. Diharapkan para penggerak literasi kampung dapat saling berbagi semangat, pengalaman dan solusi,” pungkasnya. (had)