Kapolres Batu Kukuhkan 6 Da’i Kamtibmas

Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK., MH, saat memakaikan jas dan pemasangan pin Da’i Kamtibmas. (Eko)

BACAMALANG.COM – Dalam rangka mewujudkan stabilitas dan kondisifitas Kamtibmas di masyarakat, Polres Batu, mengukuhkan 6 orang Da’i Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Da’i Kamtibmas) periode 2021 – 2026, bertempat di ruang Rumatama, Mapolres Batu, Jalan AP lll Katjoeng Permadi, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Senin (31/5/2021).

Kegiatan acara yang dikemas dalam gelaran Forum Silaturahmi Kamtibmas ini, dihadiri Kapolres bersama, PJU Polres Batu, Kemenag Kota Batu Drs. Nawawi, M.Fil.I, Kabag Kesra Pemkot Batu.

Selain itu, juga dihadiri para Da’i Kamtibmas Polres Batu KH. Hasyim Sirojudin (Gus Siroj) dari Desa Sidomulyo, Ustadz Minanurrahman dari Desa Pesanggrahan, Utadz Drs. Nurbani Yusuf, MS.i dan Ustadz M. Syarif Hidayatullah.

Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK., MH mengatakan, bahwa dengan terbentuk dan dikukuhkanya Da’i Kamtibmas ini, nantinya dapat dijadikan sebagai langkah kerjasama dan sinergitas, antara Polri dengan Pemerintah.

“Dengan dibentuk dan dikukuhkannya para Da’i ini, semoga bisa mencegah gangguan Kamtibmas, memberikan efektivitas dalam mengelola Kamtibmas bersama Polri, dan Pam Swakarsa juga dapat terwujud,” kata Catur sapaan akrabnya.

Mantan Kasubdit Siber Ditreskrimsus Polda Jatim ini juga berharap, agar para Da’i tersebut bisa menjadi katalisator di tengah-tengah masyarakat, guna mencegah masuknya paham radikalisme.

“Para Da’i Kamtibmas, nantinya akan bertugas memberikan pencerahan, membina umat, memberi dan menerima informasi Kamtibmas, kesadaran hukum, dan juga menyampaikan program-program pemerintah terkait penanganan Covid-19, sehingga masyarakat taat terhadap protokol kesehatan yang akhirnya ikut memberi andil untuk keselamatan warga demi kemanusiaan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kemenag Kota Batu Drs. Nawawi, M.Fil.I juga mengatakan, bahwa keamanan dan ketertiban masyarakat di negeri ini adalah satu hal yang harus dijaga.

“Bila negeri ini aman, maka masyarakat bisa melaksanakan kegiatan di berbagai bidang dengan nyaman dan tenang. Penyampaian Kamtibmas dengan melibatkan para Da’i, nantinya lebih dekat dengan masyarakat,” tandasnya.

Sekadar diketahui, pada prosesi pengukuhan Da’i Kamtibmas, ditandai dengan pemberian dan pemakaian jas, serta pemasangan pin Da’i Kamtibmas kepada perwakilan Da’i Kamtibmas oleh Kapolres Batu, yang didampingi oleh Kemenag Kota Batu. (Eko)