Kartini’s Day FDAP, Prof Dr Wiwik Utami: Kartini Sukses Bukan Hanya Soal Jabatan

Caption : Guru Besar Universitas Mercu Buana Prof. Dr. Wiwik Utami, M.Si., Ak., CA., CMA. (ist)

BACAMALANG.COM – Forum Dosen Akuntansi Publik (FDAP) Indonesia, bekerja sama dengan tujuh (7) Perguruan Tinggi di Indonesia menggelar Kartini’s Day dalam rangka memperingati Hari Kartini. Dengan tema Peran Perempuan Inspiratif Dalam Bidang Pendidikan, Profesi dan Masyarakat di Masa Pandemi.

FDAP menghadirkan beberapa sosok Perempuan inspiratif yang telah sukses meraih jabatan tertinggi dalam bidang pendidikan. Diantaranya yaitu Prof. Dr. Wiwik Utami, M.Si., Ak., CA., CMA, Prof, Dr. Indrawati Yuhertiana, MM., Ak., CA., CMA, dan Prof. Erlina, SE., M.Si., Ph.D., Ak., CA., CPA., CMA.

“Kartini masa kini bukan hanya tentang jabatan tetapi Kartini masa kini ialah Kartini yang mampu memberikan peran nyata dalam kodratnya wanita yaitu sebagai ibu dan pendidik,” terang salah satu narasumber Guru Besar Universitas Mercu Buana Prof. Dr. Wiwik Utami, M.Si., Ak., CA., CMA.

“Menjaga generasi dan memberikan kasih sayang untuk keluarga merupakan prioritas. Potensi diri dikembangkan tetap harus on the track dalam menjalankan peran sosial, ekonomi dan politik yang terbuka di masyarakat,” terangnya.

“Tidak semua peran dapat diambil jika akan mengganggu keseimbangan tugas kodrati wanita. Banyak contoh negara maju yang telah mengalami demografi piramid terbalik dimana jumlah orang tua lebih banyak dari pada anak anak/ orang muda,” paparnya.

Fakta tersebut terjadi karena wanita lebih mengejar karier dan tidak mau menikah atau tidak mau melahirkan. Jika karier dianggap sebagai ukuran prestasi wanita maka dalam jangka panjang justru akan berdampak penurunan kesejahteraan secara nasional.

Generasi muda pada hakekatnya menjadi tumpuan pertumbuhan ekonomi dan kelangsungan hidup suatu bangsa. Oleh karena itu wanita yang mampu menjalani peran kodrati dengan baik sudah dapat dijuluki wanita sukses.

Kegiatan Kartini’s Day ini dihadiri oleh 465 peserta dari kalangan Mahasiswa, Dosen, dan Praktisi.

“Kartini yang sukses perlu mempunyai bekal kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional sehingga mampu menyeimbangkan antara fungsinya mengurus rumah tangga dan juga fungsinya dalam kegiatan karirnya,” jelasnya.

“Selain itu beberapa tips and trick dalam memperbaiki perilaku generasi milenial yang kurang sopan yaitu dengan memahami adanya pergeseran culture dan perbedaan nilai dan juga harus memberikan teguran apabila perbedaan tersebut terlalu bergeser jauh dari tata krama yang berlaku,” urainya.

Webinar dengan tema Kartini’ Day: Peran Perempuan Inspiratif Dalam Bidang Pendidikan, Profesi Dan Masyarakat Di Masa Pandemi yang diadakan oleh Forum Dosen Akuntansi Publik ini bekerjasama dengan Universitas Widayagama Malang, Universitas Mercubuana Jakarta, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Universitas Sumatera Utara, Universitas Pancasakti Tegal, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya dan Universitas Komputer Indonesia yang di support oleh BEM FEB Universitas Widayagama Malang dan Inspire Media TV. (tik/had)