Kejari Buka Pos Perwakilan di Kantor Pos Malang, Ini Tujuannya

Foto: Yusup, Kasi Intel Kejari Kota Malang. (yga)

BACAMALANG.COM – Guna menjalankan pengawasan isi barang cetakan, Kejari Kota Malang membuka Pos
Perwakilan di Kantor Pos Kota Malang.

“Hari ini dari kejaksaan mendirikan pos perwakilan di Kantor Pos Besar Malang. Salah satu yang menjadi objek pengawasan adalah isi barang cetakan. Kami menjalankan salah satu tupoksi, yakni fungsi pengawasan,” terang Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kota Malang Yusuf Hadiyanto.

Seperti diketahui, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Malang mendirikan pos perwakilan di kawasan Kantor Pos Besar Kota Malang, Kamis (15/4/2021).

Pendirian pos itu, sebagai salah satu langkah pengawasan barang kiriman yang melalui kantor pos. Terutama, pengawasan terhadap kiriman isi barang cetakan.

Kalau ada kiriman barang hasil cetakan seperti buku, majalah yang dirasa isinya, janggal dan mencurigakan, pihak kantor pos berkoordinasi dengan petugas kejaksaan di pos perwakilan. Sehingga, tidak perlu jauh jauh datang ke kantor kejaksaan.

“Dengan adanya petugas yang ada disana, akan mempercepat dan mempermudah dalam pengecekan barang. Hal itu sama juga yang kami laksanakan di Imigrasi dalam pengawasan orang asing,” lanjutnya.

Lebih lanjut Yusuf menjelaskan, pelaksanaan tupoksi kejaksaan itu, sebagaimana diatur dalam pasal 30 ayat (3) huruf c UU 16/2004 tentang Kejaksaan. Yang menyatakan bahwa kejaksaan melaksanakan kegiatan dalam pengawasan peredaran barang cetakan.

Sementara dalam pasal 69 ayat (3) menyebutkan bahwa kejaksaan turut melakukan pengawasan terhadap substansi buku untuk mewujudkan ketertiban dan ketenteraman umum. (*/had)