Kelompok Doktor Mengabdi Ajarkan Foto Produk di Desa Wisata Sidomulyo

Kelompok Doktor Mengabdi mengajarkan pelatihan foto produk. (Ist)

BACAMALANG.COM – Masyarakat di Desa Wisata Bunga Sidomulyo, Batu, kini berkesempatan melakukan kegiatan bimbingan teknis serta mendapatkan pendampingan teknik fotografi untuk hasil produk di lingkungannya.

Bersama dengan kelompok Doktor Mengabdi UB yang berkolaborasi dengan KKN Tematik dari LPPM Universitas Brawijaya dengan PIC Kharisma Eka Shofyana di Desa Wisata Bunga Sidomulyo,  Batu, memberikan pelatihan fotografi produk unggulan seperti tanaman hias, batik dan jasa destinasi wisata. 

Menghadirkan narasumber Rizki Dewantara,   selaku pengamat digital creator multimedia yang menjelaskan ada sembilan tips dan trik untuk membuat fotografi produk menggunakan HP.

Rizki menjelaskan soal pentingnya latar polos dan netral yang akan menonjolkan produk sekaligus memberi kesan cerah produk .

“Tips pertama untuk foto produk adalam pemilihan latar atau background. Sebaiknya gunakan background foto yang polos dan berwarna netral seperti putih”, kata Rizki, Rabu (22/9/2021).

Dia menambahkan, bahwa kelebihan dari warna putih yakni akan menonjolkan sisi detail dan memberi kesan cerah dari sebuah produk. Selain itu tak ada salahnya jika menggunakan model untuk menjadi salah satu daya tarik visual.

Hal terpenting dalam fotografi salah satunya terkait pencahayaan tidak boleh diabaikan. Pencahayaan menjadi penentu utama bagus tidak hasil foto yang diambil.

“Karena kamera HP tidak se-sensitif kamera DSLR, sehingga diperlukan  cahaya yang cukup terang saat akan memfoto objek,” ucapnya.

Rizki juga menjelaskan tentang kesesuaian tema, pengaturan setting, sudut pandang, perbesaran yang menurunkan resolusi foto, serta penggunaan aplikasi pendukung termasuk watermark untuk menandai sumber foto.

Sementara itu, Safa Kevino, salah satu petani bunga hias yang juga ketua Gapoktan Kokedama Sidomulyo sekaligus peserta bimtek menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh tim.

“Dengan sarana sederhana yang hampir dipunyai semua orang yaitu HP, kami  optimis produk yang dipasarkan di medsos akan lebih menarik minat pelanggan dengan teknik fotograsi yang sesuai,” kata Safa. (Lis/red)