Kembangkan Dunia Kewirausahaan, ABC FTP-UB Ciptakan Aplikasi Marketplace Mahasiswa Pertama di Indonesia

ABC FTP UB menunjukkan ABC E-Mart, aplikasi Marketplace Mahasiswa pertama di Indonesia, Senin (25/10/2021). (ned)

BACAMALANG.COM – Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP-UB) meluncurkan aplikasi ABC E-Mart. Aplikasi ini diciptkan lembaga kedaulatan Agritechno Business Centre (ABC) dan FTP-UB.

Tim kreator ABC E-Mart ini terdiri dari Mochammad Rofiul Qorni, Rosevia Galuh Faradila, Rosdy Yanty, Rian Setia Budi, dan Khalif Zulfi Haidar.

Mochammad Rofiul Qorni menuturkan bahwa awal terbentuknya ABC E-Mart ini melalui proses panjang, setelah melalui sejumlah riset dari tim tersebut.

“Market saat pandemi dapat dikatakan mati suri, namun kami tetap mencoba mengembangkan aplikasi ini sejak bulan April 2021 hingga desain, analisa pasar maupun mekanisme distribusinys dapat terlaksana pada bulan September 2021,” ungkapnya saat acara launching di aula FTP-UB, Senin (25/10/2021).

Latar belakangnya, imbuh dia, bahwa belum ada wadah yang menampung inovasi dan produk mahasiswa secara sistematis dan dapat dijangkau banyak kalangan. Riset ini kemudian dituntut untuk menghasilkan produk yang dikerjakan dari dana hibah.

“Dari situ, kami ingin bisa memfasilitasi tidak sebatas paper atau proposal, dengan menciptakan pilot project bagi mahasiswa yang ingin fokus dalam membidangi dunia startup berbasis teknologi,” ujarnya.

Aplikasi ini sudah dapat diunduh di Google Play Store, yang terdiri dari berbagai fitur utama seperti produk, blog, kategori dan headline yang bertujuan para user bisa memotivasi dan mengembangkan produknya.

Rofiul Qorni memaparkan, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah proyeksi pengembangan aplikasi marketplace mahasiswa pertama di Indonesia ini. Antara lain dari tampilan dan performanya, menambah varian produk lainnya serta melakukan trial dan error dalam skala menengah intern UB.

“Kami juga berencana bekerjasama dengan LKM Kewirausahaan se-Kota Malang, memperluas jangkauan aplikasi hingga optimalisasi konten,” urainya.

Wakil Dekan III FTP-UB Yusuf Hendrawan, STP. M. App. Life. Sc. Ph.D menjelaskan, pengembangan aplikasi ini sebagai upaya mendukung kewirausahaan mahasiswa dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

“Intinya adalah mengusung semangat akademisi dengan jargon Cintailah Produk-produk Mahasiswa,” ungkapnya.

Yusuf menjelaskan, marketplace untuk mahasiswa ini sangat penting mengingat banyaknya karya inovatif mahasiswa yang bukan hanya dari UB tapi seluruh kampus di Malang.

Senada dengan Rofiul Qorni, ia mengaku bahwa aplikasi ini sementara dijalankan di FTP dahulu, meski nantinya mulai ke seluruh UB.

“Aplikasi ini sebagai media pembelajaran, sehingga saat sudah lulus mereka bisa mengembangkan sendiri digital marketingnya masing-masing,” tandasnya. (ned)