Kemensos Turun Tangan Dampingi Korban Kekerasan Seksual di Malang

Tim pendamping memberikan pendampingan terhadap korban (ist)

BACAMALANG.COM – Kementerian Sosial langsung turun tangan memberikan pendampingan kepada korban kekerasan seksual di Kota Malang. Pendampingan dilakukan melalui Satuan Bakti Pekerja Sosial atau Sakti Peksos.

Pendampingan ini merupakan instruksi langsung dari Menteri Sosial Tri Rismaharini. Mensos meminta agar hukum dan keadilan ditegakkan, dengan tetap memperhatikan pemenuhan terhadap hak anak.

Dari hasil pendampingan itu kondisi psikologis korban HN semakin membaik. Kini HN berada di bawah pengawasan penuh dan pendampingan di Unit Perlindungan dan Pelayanan Sosial Petirahan Anak atau PPSPA Bima Sakti di Kota Batu.

“Alhamdulillah, kondisi psikologis HN lebih tenang sudah lebih bergembira. Kedekatan yang kami bangun tampaknya membawa hasil. Kami bersiap mendampingi korban untuk memberikan keterangan kepada penyidik,” kata Sakti Peksos Ajeng Rahayu Prastiwi di Mapolresta Malang, Kamis (25/11/2021).

Lebih jauh, tim pendamping terus membangun kedekatan dengan HN dan memberikan penguatan sosial emosional kepada korban.

“Kami melakukan pendekatan persuasi dengan ibu korban dengan tujuan agar komunikasi dan hubungan emosional ibu-anak makin baik dan memperkuat motivasi anak menghadapi pemeriksaan,” ucap Pekerja Sosial dari Balai Antasena Magelang Diamira.

Diamira menambahkan melalui berbagai terapi, kini HN sudah bisa berkomunikasi dengan baik walau masih menyisakan trauma terhadap para pelaku. Korban masih mengeluhkan rasa sakit di kepala dan perut. (mid/red)